Penerapan Model Ability Grouping Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII Unggulan SMPN 1 Camplong

Mutmainnah, Hafidatul (2022) Penerapan Model Ability Grouping Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII Unggulan SMPN 1 Camplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_COVER_TIPS.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_Daftar_isi_TIPS.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_BAB I_TIPS.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_BAB IV_TIPS.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Hafidatul Mutmainnah_18381082024_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TIPS.pdf

Download (163kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Model Ability Grouping, pelajaran IPS Problematika yang ada bahwasannya setiap anak memiliki kemampuan yang beragam tidak terkecuali pada siswa di SMPN 1 Camplong, setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda, jadi jika perbedaan kemampuan yang dimiliki siswa tersebut di satukan maka akan menyebabkan ketimpangan dalam penerimaan pembelajaran, untuk itu maka diperlukan suatu model yang dapat menjembatani permasalahan tersebut, sebagai guru pasti melakukan segala cara untuk mencapai tujuan dari pembelajaran maka perlu adanya model pembelajaran yang cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran yang tepat untuk permaslahan di atas yaitu model pembelajaran Ability Grouping. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat dua fokus penelitian yang menjadi bagian pokok dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, bagaimana penerapan model Ability Grouping pada mata Pelajaran IPS di kelas VIII unggulan SMPN 1 Camplong; Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam menerapkan model Ability Grouping. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan model Ability Grouping pada mata pelajaran IPS di kelas VIII unggulan SMPN 1 Camplong, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam menerapkan model Ability Grouping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah guru mata pelajaran IPS kelas VIII, siswa kelas VIII, dan bapak kepala sekolah SMPN 1 Camplong. Hasil penelitian ini adalah; penerapan model Ability Grouping di terapkan mulai dari kelas VIII pemisahan kelas ditentukan dari hasil nilai raport siswa waktu kelas VII, pelaksanaan proses pembelajarannya yaitu, 1) Guru mengucapkan salam dan melakukan doa bersama dengan siswa, 2) Guru memotivasi siswa, 3) Memasuki Kegiatan inti, 4) penutup dengan doa. Dari penerapan model Ability Grouping terdapat respon positif dari siswa, dengan diterapkannya model yang demikian siswa semakin semangat dalam belajar dan antusias dalam pembelajaran. Faktor pendukung dan Penghambat dalam penerapan model Ability Grouping yaitu; faktor pendukungnya meliputi, adanya sarana dan pra-sarana yang mencukupi, adanya dukungan penuh kepala sekolah, adanya kesadaran peserta didik dan, adanya dukungan pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi; Tidak semua pihak setuju dengan pengelompokan peserta didik, Siswa yang berkemampuan rendah merasa minder, siswa yang berkemampuan tinggi merasa lebih. Terdapat peningkatan yang diperoleh dari penerapan model Ability Grouping, nilai yang diperoleh oleh siswa, pembelajaran jadi lebih mudah dan efektif, aktifitas belajar meningkat, siswa menjadi kreatif dalam memberikan bimbingan kepada teman sebayanya, siswa menjadi termotivasi untuk menjadi prestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:04
Last Modified: 14 Jun 2023 07:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3648

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item