Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita untuk Meningkatkan Penerimaan Diri (Self-Acceptence) Di SMA Negeri 5 Pamekasan

Efendi, Triswan (2022) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita untuk Meningkatkan Penerimaan Diri (Self-Acceptence) Di SMA Negeri 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_Cover_BKPI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_Halaman Persetujuan_BKPI..pdf

Download (238kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_Halaman Pengesahan_BKPI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_Abstrak_BKPI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_Daftar Isi_BKPI.docx.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_BAB I_BKPI.pdf

Download (566kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_BAB IV_BKPI.pdf

Download (552kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_Daftar Rujukan_BKPI.docx.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Devi Nur Atika Latifah_18381092020_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_BKPI.pdf

Download (171kB)

Abstract

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Meningkatkan Penerimaan Diri. Pada umumnya siswa memiliki penerimaan diri yang rendah. Karena ada berbagai faktor dalam hal ini. Sehingga siswa membutuhkan bantuan untuk meningkatkan penerimaa diri, dengan konseling kelompok pendekatan realita ini dinilai efektif untuk membantu permasalahan yang dialami siswa, dan diarahkan kepada pemberian kemudahan dalam rangka pengembangan dan pertumbuhannya. Pendekatan konseling realita dipelopori oleh William Glasser yang menganggap bahwa konseling dan psikoterapi (psikoanalisis) kurang praktis dalam membantu konseli. Penerimaan diri adalah suatu kondisi dan sikap positif individu dalam bentuk penghargaan terhadap dirinya. Serta menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki penerimaan diri yang rendah sehingga banyak siswa yang tidak memahami pentingnya penerimaan diri dan sangat berdampak pada proses dan nilai belajar Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: Adakah efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk meningkatkan penerimaan dan seberapa besar efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas X-IPA 1 di SMA Negeri 5 Pamekasan Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok pendekatan realita untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas X-IPA 1 di SMA Negeri 5 Pamekasan. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre experimental design desain yang digunakan adalah one-group pretest-postest design, dengan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala penerimaan diri siswa dengan kategori sedang berjumlah 12 siswa kelas X-IPA 1 di SMA Negeri 5 Pamekasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok realita sangat efektif dalam meningkatkan penerimaan diri siswa. Ditunjukkan dengan uji Paired Sample T-Test diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05, maka ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pre-rest dan posttest. Serta ditunjukkan dengan nilai T hitung 23.216 lebih besar dari T Tabel 2.280, maka ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil pengujian nilai korelasi sebesar 0,220 hampir mendekati angka 1 yang artinya nilai tersebut membuktikan adanya korelasi yang sangat kuat antara konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk meningkatkan penerimaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:03
Last Modified: 13 Jun 2023 04:03
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3689

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item