Strategi Penerapan Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di SMPN 2 Saronggi

Alfaroziqin, Ainur Rofiq (2022) Strategi Penerapan Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di SMPN 2 Saronggi. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_Cover_MPI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_Keaslian_Tulisan_MPI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_Lembar_Persetujuan _Pembimbing_MPI.pdf

Download (508kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_Halaman_Pengesahan_MPI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_Abstrak_MPI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_BAB I_MPI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_BAB IV_MPI.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Ainur Rofiq Alfaroziqin_18381041014_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (575kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Penerapan Supervisi Akademik , Mutu Pembelajaran. Supervisi Akademik menjadi kegiatan wajib di setiap lembaga pendidikan yang berguna dalam peningkatan kompetensi dan profesionalitas para pendidik dan sekaligus meningkatkan mutu pembelajaran. Adapun yang mempengaruhi mutu pembelajaran salah satunya adalah kesiapan dari pendidik dalam menjalankan tugasnya, dan salah satu cara agar pendidik bisa professional dalam menjalankan tugasnya adalah dengan diterapkannya supervise akademik . maka dengan demikian penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui strategi penerapan supervisi akademik yang dilaksanakan di lembaga SMPN 2 Saronggi yang mana akan berdampak terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif, teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang melitputi teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi tersebut sesuai dengan pedoman PPKI IAIN MADURA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi penerapan supervisi akademik yang dilaksanakan di SMPN 2 Saronggi menggunakan 2 teknik yaitu teknik supervise individual berupa coaching (pembimbingan), dan juga kunjungan kelas dan teknik supervise kelompok berupa diskusi kelompok yang dikemas dalam pelaksanaan kegiatan lesson study. Sedangkan Dampak yang dihasilkan dari Strategi penerapan supervisi akademik tersebut adalah peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru dan juga peningkatan mutu pembelajaran. Adapun kendalanya adalah ketidaksiapan guru yang akan disupervisi untuk pelaksanaan lesson study, ketidakseriusan beberapa guru dalam melaksanakan dan menerapkan serta menjalankan pembelajaran pasca pelaksanaan supervisi akademik, kendala waktu yang terlalu padat akibat terlalu banyaknya kegiatan lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:57
Last Modified: 13 Jun 2023 03:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3705

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item