Rofiqoh, Lailatur (2022) Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Bagi Santri Tunanetra di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_Cover_PAI.pdf Download (132kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PAI.pdf Download (316kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (65kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf Download (254kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_ABSTRAK_PAI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (44kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058-BAB I_PAI.pdf Download (586kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_BAB IV_PAI.pdf Download (137kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
Finas Syaadah Al Ma'mulah_18381012058_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (577kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Ustad, Santri Tunanetra, Tahfidzul Qur’an, Pondok Pesantren. Strategi Pembelajaran adalah cara, teknik untuk mencapai tujuan dalam proses pembelajaran. Dimana pembelajaran sendiri merupakan pengiriman dan penerimaan ilmu oleh pendidik dan peserta didik dengan melalui media pembelajaran. Pendidik merupakan seorang yang berperan penting dalam kehidupan manusia khususnya dalam aspek Pendidikan, terutama di Pondok Pesantren. Pondok pesantren hadir sebagai wadah yang menyebarkan ilmu agama islam, terutama di bidang hafalan al-Qur’an. Berdasarkan pemaparan di atas, maka fokus penelitian ini adalah pertama, strategi pembelajan tahfidzul Qur’an bagi santri tunanetra di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah Sampang. Kedua, bagaimana hambatan dan keberhasilan strategi pembelajaran ustad dalam membimbing hafalan al-Qur’an santri tunanetra di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah Sampang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Data dalam penelitian ini di peroleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah Sampang. Analisis data penelitan ini, yaitu studi literer berupa buku-buku profil Pondok Pesantren. Studi empirisnya berupa informasi dari ustad, santri biasa dan santri tunanetra. Untuk nara sumbernya, ustad, santri tunanetra dan santri biasa. Penelitian ini dimulai tanggal 12 Februari 2022-15 Mei 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, strategi pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan strategi pembelajaran pengulangan ganda dengan menggunakan metode sima’i. Kedua, hambatan dan keberhasilanya, yaitu: (1) Hambatannya yaitu ustad kesulitan dalam aspek menjelaskan ayat per ayatnya, bacaan al-Qur’annya dikarenakan santri tunanetra tidak dapat melihat denga jelas tentang huruf-huruf di dalam al-Qur’an. (2) Keberhasilannya yaitu, ustad mampu menjelaskan ayat per ayatnya dengan mudah, melafakan bacaan al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makharijul hurufnya dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 08:10 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 08:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3722 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |