Jannah, Ma'rifatul (2022) Manajemen Peserta Didik Dalam Pengelompokan Siswa Di MTsN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20160701040117-SAMPUL.pdf Download (134kB) |
|
Text
20160701040117-PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
20160701040117-Halaman Persetujuan.pdf Download (121kB) |
|
Text
20160701040117-Halaman Pengesahan.pdf Download (226kB) |
|
Text
20160701040117-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
20160701040117-DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
|
Text
20160701040117-BAB I.pdf Download (483kB) |
|
Text
20160701040117-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
20160701040117-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text
20160701040117-BAB IV.pdf Download (827kB) |
|
Text
20160701040117-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
20160701040117-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen, Peserta Didik, Pengelompokan Siswa Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan guru pada suatu lingkungan belajar. Dalam proses pembelajaran ada salah satu kegiatan yang dapat menunjang proses pembelajaran yaitu pengelompokan belajar siswa atau pengelompokan kelas. Pengelompokan peserta didik bisa dilakukan berbagai macam seperti pengelompokan berdasarkan kemampuan, minat, bakat dan lain�lain, sebagaimana yang dilakukan di MTsN 1 Pamekasan dengan melakukan pengelompokan peserta didik yang serupa. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok pembahasan pada penelitian ini yaitu pertama bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik dalam pengelompokan belajar siswa di MTsN 1 Pamekasan, kedua bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam pengelompokan siswa di MTsN 1 Pamekasan, ketiga apa saja hambatan manajemen peserta didik dalam pengelompokan siswa di MTsN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah waka kesiswaan dan dua guru wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pendaftaran penerimaan calom peserta didik baru dilakukan secara offline, selanjutnya calom peserta didik akan mengikuti penilaian berupa tes tulis, tes lisan, melihat nilai raport dan prestasi kejuaraan. Dalam pengelompokan siswa cara yang digunakan menggunakan penilaian hasil matrikulasi berdasarkan tinggi rendahnya suatu nilai dari peserta didik itu sendiri. Kedua evaluasi manajemen peserta didik dalam pengelompokan siswa di MTsN 1 Pademawu dilakukan berdasarkan perkembakan potensi pada peserta didik setelah 1 tahun belajar. Ketiga hambatan manajemen peserta didik dalam pengelompokan siswa di MTsN 1 Pamekasan yaitu ketidak nyamanan dalam mengubah data siswa melalui data EMIS. Namun hal ini terselesaikan dengan adanya program insidental yaitu ketika ada event atau perlombaan sekolah akan mengumpulkan siswa yang memiliki potensi baik itu di bidang akademik, non akademik, maupun tahfidz
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:50 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3725 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |