Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab-Inggris Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Asing Santri Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep

Mr, Rudiyanto (2022) Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab-Inggris Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Asing Santri Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITUSI AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_SAMPUL.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Rudiyanto_1820101040157_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (712kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_BAB IV.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Rudiyanto_18201501040157_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (86kB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab-Inggris, Keterampilan Berbahasa Asing. Latar belakang dari penelitian ini adalah belajar dan berkomunikasi menggunakan bahasa arab dan inggris merupakan pelajaran yang penting dan wajib di sukai oleh para santri Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep, tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui perencanaan pembelajaran bahasa arab inggris. 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dan inggris. 3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelaran bahasa arab dan inggris di pondok pesantren Mathlabul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh pondok pesantren Mathlabul Ulum, pembina pengurus penegak bahasa, pengurus penegak bahasa, santri, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan pembelajaran bahasa asing di pondok pesantren Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep Perencanaan pembelajaran bahasa arab dan inggris di pondok pesantren Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep sudah tersusun secara sistematis, meliputi: Mampu memilih atau menentukan materi, mampu menentukan sumber belajar atau media yang tepat untuk memperlancar proses pembelajaran, penegak bahasa membuat rencana kegiatan atau rencana pembelajaran dengan persetujuan pembina bahasa. Kedua, pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dan inggris di pondok pesantren Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep di laksanakan perkelas dengan metode tidak langsung dan tidak langsung, dalam meningkatkan keterampilan bahasa arab dan inggris guru dan penegak bahasa mempunyai tugas membimbing, mengajar, mentransfer ilmu kepada peserta didik. Ketiga, faktor penghambat, santri baru maupun santri lama mondok sering kali kesulitan dalam menyambung kata dengan baik, minimnya pengembangan rutin dalam melatih kemampuan yang di miliki seperti membaca dan menulis, banyaknya santri yang mengabaikan aturan pemberlakuan penegak bahasa, faktor pendukung: mewajibkan seluruh dewan guru memberikan contoh berbahasa arab atau inggris dengan baik, mewajibkan seluruh santri dan pengurus berkomunikasi dengan bahasa arab dan inggris sesuai jadwal mingguan tang sudah di tentukan dan menghafal kosa kata sebelum tidur malam, penekanan menggunakan bahasa di dalam maupun di luar kelas, mewajibkan seluruh guru yang tinggal di pondok membantu dalam proses pembelajaran bahasa arab dan inggris dan memberikan contoh berbahasa arab dan inggris dengan santri atau sesama guru, mendatangkan ahli bahasa arab dan inggris untuk melatih kemampuan santri dam berbahasa arab dan inggris dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:49
Last Modified: 13 Jun 2023 02:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3729

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item