Pelaksanaan Program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMPN 3 Pademawu

Faizah, Nur (2022) Pelaksanaan Program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMPN 3 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Cover_PAI.pdf.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (698kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Halaman Persetujuan_PAI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Halaman Pengesahan_PAI.pdf

Download (778kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Abstrak_PAI.pdf.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Kata_ Pengantar_PAI.pdf.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Daftar_Isi_PAI.pdf.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_BAB I_PAI.pdf.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_BAB II_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_BAB III_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_BAB IV_PAI.pdf.pdf

Download (737kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_BAB V_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Daftar Rujukan_PAI.pdf.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Nur Faizah_18381012135_Lampiran_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Program 5S, Karakter Islami Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan program 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun) dalam membentuk karakter siswa yang diterapkan di sekolah, yang dilakukan oleh tenaga kependidikan yang ditujukan kepada siswa, bertujuan untuk merubah akhlak siswa yang kurang baik menjadi lebih baik dan juga dapat menghormati orang lain. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana pelaksanaan program 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun) dalam membentuk karakter Islami siswa di SMPN 3 Pademawu, Kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun) dalam membentuk karakter Islami siswa di SMPN 3 Pademawu, Ketiga, Bagaimana dampak program 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun) terhadap karakter siswa di SMPN 3 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Pelaksanaan program 5S dalam membentuk karakter Islami siswa di SMPN 3 Pademawu: Program 5S dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar dan baik, Program 5S ini memiliki keterkaitan erat dengan pendidikan karakter karena apa yang ada di dalam 5S itu sudah mencakup pembentukan karakter siswa, Pelaksanaan programnya setiap pagi itu pasti ada beberapa guru di gerbang sekolah untuk menyambut siswa yang datang untuk bersalaman. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program 5S dalam membentuk karakter Islami siswa di SMPN 3 Pademawu: a). Faktor pendukung: adanya guru yang berkarakter terkait program 5S ini dan siswa patuh terhadap apa yang guru arahkan, Kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya yang juga ikut berperan serta agar program 5S ini agar berjalan dengan lancar, Pihak sekolah melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa tentang pelaksanaan program 5S, b). Faktor penghambat: Anak-anak yang masih sering meniru perilaku yang bersifat negatif di lingkungan sekitar, sebagian siswa menganggap remeh program 5S ini, Anak-anak yang masih canggung karena belum terbiasa dengan program 5S ini. Ketiga, Dampak program 5S terhadap karakter siswa di SMPN 3 Pademawu: Siswa yang awalnya nakal, kurang baik, kurang sopan terhadap guru, sudah mulai sopan dan patuh pada guru, Interaksi antara siswa dengan guru dan juga antara siswa dengan siswa sangat baik dan di lingkungan masyarakat siswa juga bersikap baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:49
Last Modified: 13 Jun 2023 02:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3734

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item