Zeiny, Ach. (2020) Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 3 Pameksan, Skripsi, Program StudiPendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_SAMPUL_PAI.pdf Download (619kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_Halaman Persetujuan_PAI.pdf Download (287kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_Halaman Pengesahan_PAI.pdf Download (332kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_ABSTRAK_PAI.pdf Download (423kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (704kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_BAB I PENDAHULUAN_PAI.pdf Download (658kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_BAB II KAJIAN PUSTAKA_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_BAB III METODE PENELITIAN_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_BAB IV TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN_PAI.pdf Download (724kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_BAB V PENUTUP_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (472kB) |
|
Text
ACH.ZEINY_20160701010009_Surat Pernyataan Keaslian_PAI.pdf Download (360kB) |
Abstract
UKBM merupakan satuan pelajaran kecil yang disusun secara berurutan dari yang mudah sampai ke yang sukar.Satuan pelajaran tersebut merupakan pelabelan penguasaan belajar siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan yang disusun menjadi unit-unit kegiatan belajar berdasarkan pemetaan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan UKBM pada pembelajaran akidah akhlak di dalam kelas. Kedua, Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan UKBM pada siswa. Ketiga, Apa saja kendala guru PAI dalam mengelola proses pembelajaran menggunakan UKBM di dalam kelas dan bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif secara fenomenologis yaitu peneliti berangkat kelapangan dengan mengamati fenomena yang terjadi di lapangan secara alamiah.Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi secara langsung, wawancara semi terstruktur, analisis data dan dokumen. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, Proses penerapan UKBM di dalam kelsas ini benar-benar menjalankan pembelajaran menggunakan, guru tersebut menerapkan sesuai rangkaiannya dan membuat pembelajaran lebih asik dan menyenangkan serta setiap pembelajaran di dalam kelas itu guru tersebut. Kedua, Kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan UKBM pada siswa yaitu kelebihannya memudahkan guru dalam memantau perkembangan siswa secara individual, sertas siswa dapat mengukur kemapuan dirinya bahwa ia termasuk kategori cepat, sedang atau lambat dalam belajar. Serta kekurangannya adalah dalam pendistribusian UKBM di dalam kelas. Ketiga, kendala guru PAI dalam mengelola proses pembelajaran di dalam kelas yaitu pada murid yang tidak mnegerti akan materi yang ada pada UKBM, guru tersebut mau tidak mau harus mengulang materi sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_014 ?? ?? m_088 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Ardiansyah Ardiansyah |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 05:28 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 05:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/377 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |