Wahyuni, Sri (2022) Implementasi Permainan Lari Estafet dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Kelompok B di TK Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sri Wahyuni_ 18381062099_Cover_PIAUD.pdf Download (181kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_ 18381062099_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf Download (300kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_ 18381062099_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (395kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_18381062099_Abstrak_PIAUD.pdf Download (10kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_ 18381062099_Daftar_Isi_PIAUD.pdf Download (160kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_18381062099_BAB I_PIAUD.pdf Download (423kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_18381062099_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_18381062099_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_18381062099_BAB IV_PIAUD.pdf Download (473kB) |
|
Text
Sri wahyuni_18381062099_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
Sri Wahyuni_18381062099_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (378kB) |
Abstract
Kata kunci: Permainan Lari Estafet, Perkembangan Motorik Kasar Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui penerapan permainan lari estafet dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan. kedua, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pada saat pelaksanaan permainan lari estafet dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Informasinya adalah guru TK kelompok B, guru TK kelompok A, dan guru KB (Kelompok Bermain). Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transfermability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama penerapan permainan lari estafet yang dilaksanakan di lembaga TK Darul Ulum yaitu dilakukan dengan cara sebelum melakukan permainan guru mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti bola pingpong, paralon dan kardus. Selanjutnya guru akan memberikan penjelasan bagaimana cara melaksanakan permainan melalui metode demonstrasi. Kemudian guru akan memanggil anak membentuk sebuah kelompok. Guru akan memberikan paralon ke masing-masing anak setelah itu guru akan memberikan abaaba pada anak. Guru akan meletakkan bola ke paralon pelari pertama ketika hitungan ketiga. Pelari pertama akan membawa bola sambil berlari menuju ke pelari kedua. Setelah selesai pelari kedua akan membawa bola ke pelari ketiga, begitu seterusnya. Berbeda dengan pelari yang sudah memindahkan bola maka pelari akan berlari ke posisi pelari terakhir. Kelompok yang dapat membawa bola pertama kali tiba di kardus diaggap sebagai pemenang. Kedua kendala yang seringkali dihadapi oleh guru pada saat pelaksanaan permainan lari estafet ialah ketidakpahaman anak terhadap cara bermain permainan lari estafet. Kemudian yang seringkali ditemui guru yaitu anak kebingungan harus berlari kemana setelah memindahkan bola. Anak juga kebingungan ketika bola jatuh dari lintasan paralon. Dengan adanya kendala tersebut maka akan membuat jalannya permainan terhambat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 07:09 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 07:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3773 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |