Hairul, Herawati (2022) Efektivitas Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 Desa Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Herawati Hairul_20160701050027_Cover_PGMI.pdf.pdf Download (159kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_LEMBAR PENGESAHAN_PGMI.pdf - Copy.pdf Download (185kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_ABSTRAK_PGMI.pdf.pdf Download (85kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_DAFTAR ISI_PGMI.pdf.pdf Download (344kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_BAB I _PGMII.pdf.pdf Download (390kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_BAB II _PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (343kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf.pdf Download (267kB) |
|
Text
Herawati Hairul_20160701050027_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA_PGMI.pdf.pdf Download (195kB) |
Abstract
Kata Kunci : Efektivitas, Metode Active Learning, Fiqih Active learning yang dilaksanakan pada pembelajaran fiqih merupakan suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Ketika peserta didik belajar dengan aktif, berarti mereka mendominasi aktivitas pembelajaran, sehingga dengan kegiatan ini siswa secara aktif, baik untuk menemukan ide pokok, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Melalui metode active learning ini pula, peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini biasanya peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga belajar jadi maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, obvervasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, guru kelas 2 dan siswa kelas 2. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan Efektifitas metode active learning dalam pembelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum 1 Larangan Bedung mempunyai beberapa kegiatan-kegiatan yang terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Lalu kegiatan yang perlu dilakukan sebagiamana berikut: pertama, memberikan motivasi kepada siswa, agar siswa tertarik dan antusias dalam mengikuti mata pelajaran. Kedua, siswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan topik pembahasan. Setelah itu siswa dibagi 5 kelompok. Setelah diskusi masing-masing kelompok mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada kelompok lain secara bergiliran. Dan ketiga. Guru melakukan evaluasi pembelajaran pada hari ini. Kedua, Faktor pelakasanaan efektivitas metode active learning dalam pembelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum 1 Larangan Bedung ialah sikap mental guru, kedua minat dan motivasi siswa dan lingkungan. Keempat, hambatan dan solusi menggunakan metode active learning sangat membantu keaktifan siswa terhadap pembelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum 1 larangan bedung sangatlah membanrtu sekali karena siswa semakin aktif dalam mengikuti pelajaran. Sehingga guru mudah mencapai target kurikulum yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 07:07 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 07:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3775 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |