Hubungan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan

Nur Fajariyah, Sri Susanti (2022) Hubungan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
18381012175_sampul susan.pdf

Download (261kB)
[img] Text
18381012175_pernyataan keaslian.pdf

Download (59kB)
[img] Text
18381012175_Halaman Persetujuan.pdf

Download (32kB)
[img] Text
18381012175_Halaman Pengesahan.pdf

Download (54kB)
[img] Text
18381012175_abstrak susan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
18381012175_daftar isi susan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
18381012175_bab 1 susan.pdf

Download (524kB)
[img] Text
18381012175_bab 2 susan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
18381012175_bab 3 susan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
18381012175_bab 4 susan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18381012175_bab 5 susan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
18381012175_daftar rujukan susan.pdf

Download (75kB)

Abstract

Kata kunci : Fasilitas belajar, prestasi belajar, korelasi Fasilitas belajar adalah salah satu faktor yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat menghasilkan siswa yang berkualitas. Tersedianya fasilitas belajar akan memberi pengaruh positif untuk hasil belajar siswa. Orang yang belajar tanpa dibantu fasilitas tidak jarang mendapat hambatan dalam menyelesaikan kegiatan belajar. Semakin lengkap fasilitas belajar yang dimiliki maka siswa dapat belajar lebih baik, mempermudah, mempercepat dan memperdalam proses belajar mandiri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan dan seberapa besar hubungan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan sebanyak 65 siswa dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini sejumlah 39,3939 yang kemudian dibulatkan menjadi 40 siswa dari 65 siswa dengan tingkat toleransi kesalahan 10%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner), dokumentasi dan observasi langsung. Uji validitas per butir soal dalam penelitian ini dihitung dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis korelasi fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yang dianalisis menggunakan program SPSS 21 menunjukkan nilai signifikansi/ Sig. (2-tailed) 0,000 atau <0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,939. Data ini menjawab hipotesis kerja atau hipotesis alternatif yang menyatakan adanya hubungan antara Fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Nilaikoefisien korelasi 0,939 menjelaskan bahwa hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas VII di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan sangat besar (sangat kuat) dan memiliki hubungan yang positif, sehingga tingkat fasilitas belajar yang tinggi akan menghasilkan prestasi belajar yang tinggi pula dan sebaliknya jika tingkat fasilitas belajar kurang maka akan memiliki prestasi belajar yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:43
Last Modified: 12 Jun 2023 04:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3807

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item