Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan

Hasanah, Unniyatul (2022) Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Unniyatul Hasanah_20170701012142_Cover_PAI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah_20170701012142_Pernyataan Keaslian_PAI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah _20170701012142_Halaman Persetujuan_PAI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah_20170701012142_Halaman Pengesahan_PAI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah_20170701012142_Abstrak_PAI.pdf

Download (473kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah_20170701012142_Daftar isi PA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah _20170701012142_BAB 1_PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah _20170701012142_BAB 2_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah _20170701012142_BAB 3_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah_20170701012142_BAB 4_PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah _20170701012142_BAB 5_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
Unniyatul Hasanah_201707012142_Daftar Pusta_PA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Takrir, Kemampuan Menghafal, Al-Qur’an. Islam mengajarkan kepada umat muslim guna mendalami Al-Qur’an dan menggali setiap dalil serta Ilmu Pengetahuan yang tekandung didalamnya. Berbagai cara yang dilakukan oleh manusia untuk mendalami Al-Qur’an yakni salah satunya untuk belajar menghafalnya dengan metode tertentu. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan menghafal Al-Qur’an adalah menggunakan metode takrīr.Metode ini menggunakan cara menghafal ayat-ayat Al-Qur’an secara berulang-ulang dengan langkah-langkah tertentu. Dengan menggunakan metode ini siswa diharapkan untuk memaksimalkan menghafal AlQur’an pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Adapun fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal AlQur’an Siswa Di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan? Dan yang kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru pembina tahfidzul Qur’an, dan siswa yang mengikuti tahfidzul Qur’an. Teknik Pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, Implementasi Metode Takrir dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an meliputi: Takrir bersama, Takrir sendiri, Takrir dalam sholat, Takrir dihadapan guru. Kedua,Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Implementasi Metode Takrir dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Faktor Pendukungnya yaitu: Belajar tahsin sebelum menghafal, Usia yang Ideal, Manajemen waktu, Tempat menghafal. Sedangkan Faktor Penghambatnya yaitu: Menghafal itu susah, Ayatayat yang sudah dihafal lupa lagi, Banyaknya ayat-ayat yang serupa, Gangguangangguan lingkungan, Banyaknya kesibukan dan lain-lain, Melemahnya semangat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:37
Last Modified: 12 Jun 2023 04:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3811

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item