Noryana, Noryana (2022) Implementasi Suasana Belajar Edukatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok B Di PAUD Arridho Bettet Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Halaman Sampul.pdf Download (50kB) |
|
Text
3. Halaman Persetujuan.pdf Download (52kB) |
|
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf Download (65kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (26kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (68kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (137kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (194kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
16. Daftar Rujukan.pdf Download (92kB) |
|
Text
18. Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (54kB) |
Abstract
Kata Kunci: Suasana Belajar Edukatif, Minat Belajar, Anak Usia Dini Fenomena yang terjadi di PAUD Ar-Ridho Bettet Pamekasan terdapat sebuah kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan metode Alat Permainan Edukatif (APE). Pelaksanaan Alat Permainan Edukatif (APE) dilakukan diharapkan agar anak-anak dapat meningkatkan minat belajarnya dan juga dapat mengenal berbagai macam jenis permainan di dunia bermain anak. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Implementasi Suasana Belajar Edukatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten Pamekasan. Kedua, Apa faktor penghambat dan pendukung dari Implementasi Suasana Belajar Edukatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, Implementasi Suasana Belajar Edukatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten Pamekasan, diantaranya ialah implementasi suasana belajar edukatif dengan memanfaatkan Alat Permainan Edukatif (APE) di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten Pamekasan sudah berjalan dengan sangat baik, karena di dorong dan didik dengan guru yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang baik. Disamping itu guru juga memberikan penilaian langsung kepada anak bagi anak yang aktif saat pelaksanaan permainanan. Pelaksanaan Alat Permainan Edukatif (APE) dilakukan bertujuan agar anak-anak dapat meningkatkan minat belajarnya dan juga bisa mengenal berbagai macam jenis permainan di dunia bermain anak. Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa menambah wawasan pengetahuan, mengembangkan imajinasi anak melalui permainan tersebut. Kedua, Faktor penghambat dari implementasi suasana belajar edukatif dalam meningkatkan minat belajar anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten Pamekasan, diantaranya ialah 1). Anak-anak kurang disiplin, 2). Anak-anak susah diatur pada saat kegiatan proses pembelajaran, 3). Anak-anak sering ribut di dalam kelas sehingga menjadikan kelas terlihat ramai pada saat kegiatan proses pembelajaran berlangsung.. Adapun faktor pendukung ialah 1). tersedianya fasilitas yang memadai, 2). Anak-anak yang mempunyai semangat untuk belajar, dan 3). terjalinnya koordinasi yang baik antara guru dan anak-anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:30 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3821 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |