Wahid, Abd (2022) Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Penerapan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas V Di SDN Durbuk II Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Abd.Wahid_18381051002_Cover_PGMI.pdf Download (207kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf Download (150kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (207kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_Abstrak_PGMI.pdf Download (184kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (189kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_BAB I_PGMI.pdf Download (481kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_BAB IV_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (405kB) |
|
Text
Abd.Wahid_18381051002_Surat_Pernyataan_Karya_PGMI.pdf Download (324kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Tiga Dimensi, Minat Belajar, Materi Bagun Ruang. Kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika materi bangun ruang menjadi problematika dalam pembelajaran. Hal ini terjadi disebabkan karena media yang digunakan kurang menarik dan tidak maksimal sehingga minat peserta didik menurun. Kondisi demikian membuat pembelajaran terhambat, sehingga perlu adanya cara untuk meningkatkan minat belajar, salah satunya dengan menggunakan media yang sesuai dengan pembelajaran matematika materi bangun ruang yaitu media tiga dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada kelas V SDN Durbuk II Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN Durbuk II pamekasan, yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Strategi yang digunakan dalan pengumpulan data adalah tes soal, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu pra siklus, siklu I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media tiga dimensi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukan oleh hasil presentase minat belajar siswa bahwa indikator minat belajar paling tinggi yaitu pada. a) siswa antusias dan masuk kelas sebelum pembelajaran dimulai. b) siswa senang dan memperhatikan penjelasan guru saat menggunakan media tiga dimensi c) siswa antusias bertanya ketika tidak memahami materi dan lain-lain. Presentase pra siklus 35%, siklus I yaitu 65% serta pada siklus II naik menjadi 85%. Sedangkan presentase hasil belajar yang tuntas pada par siklus yaitu 15%, sedangkan siklus I yaitu 50%, dan naik pada siklus II menjadi 90%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 31 May 2023 07:31 |
Last Modified: | 31 May 2023 07:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3841 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |