Strategi Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kelas IX MTs Al-Ghazali

Sari, Alvin Novita (2022) Strategi Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kelas IX MTs Al-Ghazali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019_Cover_TBIN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019_LEMBAR PERSETUJUAN_TBIN_1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019_LEMBAR PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019 DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019 BAB I_TBIN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019 BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019 BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019 BAB IV_TBIN.pdf

Download (682kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019 BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019 DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Alvin Novita Sari_18381072019_LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (185kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Project Based Learning, budaya literasi Pada proses pembelajaran, guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya literasi pada peserta didik. Maka dalam hal ini, peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran di kelas IX MTs Al-Ghazali untuk mengetahui penerapan literasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Al-Ghazali, Pragaan Sumenep. Adapun penelitian ini memiliki fokus penelitian berupa 1) Bagaimana strategi project based learning dalam menumbuhkan budaya literasi (membaca dan menulis) di kelas IX MTs. Al-Ghazali, 2) Bagaimana minat peserta didik dalam budaya literasi (membaca dan menulis) setelah diterapkan strategi project based learning di kelas IX MTs. Al-Ghazali, dan 3) Bagaimana kendala dalam penerapan strategi project based learning untuk menumbuhkan budaya literasi (membaca dan menulis) di kelas IX MTs. AlGhazali. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) dengan pendekatan gabungan berupa kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang didapatkan peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapakan pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi. Dalam hal ini budaya literasi tidak diterapkan secara maksimal sehingga motivasi peserta didik terhadap kemampuan membaca dan menulis terbilang rendah. Pada pembelajaran yang dibangun oleh guru didapati bahwa guru lebih aktif dan peserta didik pasif sehingga tidak didapati komunikasi pembelajaran yang aktif dan efektif. Adapun pada penerapan strategi Project Based Learning peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan sebelum diterapkan strategi yang dimaksud. Keaktifan peserta didik pada literasi memiliki respon yang baik. Hal ini dapat dilihat pada persentase tahap prates dari35 siswa diketahui data hasil yang memiliki nilai mencapai KKM atau nilai tuntas sebanyak 13 orang dengan persentase 37%. Sedangkan hasil data peserta didik yang memiliki nilai tidak mencapai KKM atau belum tuntas sebanyak 22 orang dengan persentase 63%. Pada siklus I dari 35 siswa diketahui data hasil yang memiliki nilai mencapai KKM atau nilai tuntas sebanyak 16 orang dengan persentase 46%. Sedangkan hasil data peserta didik yang memiliki nilai tidak mencapai KKM atau belum tuntas sebanyak 19 orang dengan persentase 54%. Dan pada siklus II diketahui data hasil yang memiliki nilai mencapai KKM atau nilai tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase 49%. Sedangkan hasil data peserta didik yang memiliki nilai tidak mencapai KKM atau belum tuntas sebanyak 18 orang dengan persentase 51%. Dalam penerapan strategi tersebut juga ditemukan kendala secara garis besar yakni dalam mengkondisikan peserta didik dalam pengelompokan menyelesaikan tugas yang diberikan. Tidak hanya itu sarana dan prasarana juga tidak mendukung terhadap berlangsungnya kegiatan literasi sehingga guru harus menyiapkan media sederhana sebagai alat peraga pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:49
Last Modified: 10 Oct 2022 02:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3859

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item