Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa di SDN Dalpenang 1 Sampang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam

Syifa, najuwa (2020) Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa di SDN Dalpenang 1 Sampang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL-SYIFANAJUWA 20160701010180-converted-edited.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-SYIFANAJUWA 20160701010180.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-SYIFANAJUWA 20160701010180.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 ABSTRAK-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
7 BAB 1-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf

Download (273kB)
[img] Text
8 BAB II-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
9 BAB III-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
10 BAB IV-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf

Download (331kB)
[img] Text
11 BAB V-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN-SYIFANAJUWA 20160701010180.pdf

Download (12MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP-SYIFANAJUWA 20160701010180-dikonversi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-SYIFANAJUWA 20160701010180.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Quran merupakan Kalamullah (kitab suci) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai mu’zizat yang terbesar, dimana di dalamnya terdapat pedoman dalam mencapai kebahagiaan hidup yang hakiki. Dalam membaca AlQur’an sendiri terdapat adab atau aturan yang harus diperhatikan antara lain: ilmu tajwid yakni ilmu tentang kaidah dan tata cara membaca al-Quran dengan sebaikbaiknya dan benar, baik membunyikan huruf yang berdiri sendiri maupun huruf dalam rangkaian. Saat ini banyak sekali siswa yang kurang bisa membaca alQuran dengan baik dan benar, tidak memahami makhorijul huruf, dan tajwid dalam lafadz al-Quran yang mereka baca. Hal tersebut memberikan pendapat untuk sekolah tentang sebuah penggunaan metode untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa-siswinya di sekolah. Berangkat dari fenomena tersebut sebuah penelitian dilakukan dengan judul Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa di SDN Dalpenang 1 Sampang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode Ummi di SDN Dalpenang 1 Sampang dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam usaha mendapatkan sumber data penulis menggunakan wawancara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan deskripsi analisis. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi. Hasil penelitian di dapatkan tentang Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa di SDN Dalpenang 1 Sampang adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran metode Ummi dilakukan dengan baik setiap hari senin-kamis dan melalui beberapa tahapan yakni: pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup. Adapun dalam pelaksanaannya guru menggunakan model klasikal bacasimak/murni. 2) Implikasi penerapan metodeUmmi ini yakni membawa dampak yang baikdalam kelancaran membaca al-Quran siswadan pembentukan akhlaksiswa. Adapun hasil yang didapatkan yakni kegiatan khataman dan tahfidz juz 30 al-Quran setiap 1 tahun sekali. 3) Faktor pendukung yang ada yakni dari kemampuan ustadz/ah yang telah lulus tahsin dan mengikuti diklat, siswa yang selalu tertib membawa kitabUmmi dan buku penilaian, sarana yang didukung oleh lembagaUmmi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kenakalan beberapa siswa yang sulit diatur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:21
Last Modified: 17 Jul 2024 03:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/388

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item