Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Membaca Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan

Silawardani, Wilda Ayu (2022) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Membaca Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_COVER_TBIN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
2. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_LEMBAR PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
3. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_LEMBAR PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
5. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
6. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
7. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_BAB I_TBIN.pdf

Download (524kB)
[img] Text
8. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
9. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
10. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_BAB IV_TBIN.pdf

Download (486kB)
[img] Text
11. WILDA AYU SILWARDANI_18381072155_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
12. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4. WILDA AYU SILAWARDANI_18381072155_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (150kB)

Abstract

Kata Kunci: Think Pair Share, Membaca Cerpen Think pair share merupakan tipe dari model pembelajaran kooperatif. Model ini diterapkan dengan 3 cara. Pertama think, merupakan tahap awal yaitu berfikir. Kedua Pairing, pada tahap ini peserta didik akan disuruh untuk saling berpasang-pasangan. Ketiga sharing, merupakan tahap yang terakhir dimana guru akan menyuruh pasangan-pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas apa yang telah mereka bicarakan atau diskusikan. Ada 3 tujuan dalam penelitian ini, yaitu pertama, Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan. Kedua, Untuk mendeskripsikan faktor pendukung penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan. Ketiga, Untuk mendeskripsikan faktor penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Pamekasan. Sumber data dari penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, dimana data primernya berupa observasi dan wawancara kepada guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS-1 di SMA Negeri 5 pamekasan, sedangkan data sekundernya berupa dokumen dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data berupa reduksi data (merangkum), penyajian data, dan conclusion Drawing (penarikan kesimpulan). Sedangkan pengecekan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu perpanjang pengamatan, ketekunan dan triangulasi. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi cerpen mengenai pengertian, unsur intrinsik, dan unsur ekstrinsik yang terdapat dalam cerpen. Hasil penelitian ini pertama, terdapat tiga langkah dalam proses pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan awal guru mengucapkan salam, berdo’a, melakukan absensi kehadiran, mengkondisikan kebersihan ruam kelas, menjelaskan materi mengenai cerpen, dan meminta siswa membaca cerpen yang berjudul “Bangkit”. Dalam kegiatan membaca ini anak didik membaca dengan jenis membaca dalam hati. Kegiatan inti guru sudah mulai menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Guru memberikan persoalan kepada anak didik untuk dipikirkan, kemudian guru menyuruh anak didik berpasang-pasangan dan memberikan waktu untuk berdiskusi, anak didik mulai berpasang-pasangan/membentuk kelompok kecil dan mulai bekerja sama untuk menjawab persoalan yang ada, setelah waktu diskusi selesai guru memilih salah satu perwakilan untuk maju kesiapan kelas yang disebut dengan sharing. Kegiatan penutup guru memberikan kesimpulan, mengkondisikan kelas, berdo’a bersama-sama dan mengucapkan salam penutup. Dalam kegiatan membacakan hasil diskusi didepan kelas anak didik menggunakan jenis membaca nyaring. Kedua, faktor pendukung penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini adalah anak didik dapat bekerja secara individu maupun kelompok, anak didik yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, dan anak didik yang aktif di dalam kelas selama kegiatan berlangsung. Ketiga, faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif ini adalah adanya perselisihan yang disebabkan oleh perbedaan pendapat, dan juga anak didik yang hanya memasrahkan tugasnya kepada salah satu teman di dalam kelompoknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:12
Last Modified: 10 Nov 2022 03:12
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3947

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item