Fadhilah, Annisaul (2022) Penerapan Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII di MTs Negeri 2 Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_Cover_TBIN.pdf Download (58kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_Lembar Persetujuan Pembimbing_TBIN.pdf Download (104kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_Lembar Halaman Pengesahan_TBIN.pdf Download (266kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_Abstrak_TBIN.pdf Download (31kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_Daftar Isi_TBIN.pdf Download (35kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_BAB I_TBIN.pdf Download (99kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_BAB III_TBIN.pdf Download (131kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_BAB IV_TBIN.pdf Download (202kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_Daftar Pustaka_TBIN.pdf Download (96kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (137kB) |
|
Text
Annisaul Fadhilah_18381072024_Surat Pernyataan Bebas Plagiasi_TBIN.pdf Download (220kB) |
Abstract
Kata Kunci : Cooperative Learning, Keterampilan Menyimak Metode Cooperative Learning adalah suatu model pembelajaran dimana sistem belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang berjumlah 4-6 orang secara kolaboratif sehingga dapat merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar. Pada proses pembelajaran siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Pamekasan guru menerapkan model Cooperative Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan model Cooperative Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Pamekasan; Kedua, Apa saja hambatan penerapan model Cooperative Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Pamekasan; Ketiga, Bagaimana cara guru mengatasi hambatan yang terjadi pada penerapan model Cooperative Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu; mengamati penerapan Cooperative Learning dalam pembelajaran keterampilan menyimak Bahasa Indonesia, wawancara pada guru tentang penerapan Cooperative Learning, menyimpulkan. Informannya adalah guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, penerapan model Cooperative Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Pamekasan diterapkan oleh guru dengan membentuk siswa menjadi beberapa kelompok. Kedua, hambatan yang sering terjadi saat penerapan model Cooperative learning di kelas VII di MTs Negeri 2 Pamekasan adalah ada beberapa siswa yang kurang aktif atau tidak berkontribusi dalam kelompok; Ketiga, cara guru mengatasi hambatan yang terjadi yaitu dengan membagi bagian-bagian perindividu dalam tugas kelompok, dimana nantinya semua anggota kelompok dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, selain itu guru juga melakukan pendampingan secara langsung sehingga siswa mau tidak mau harus aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:03 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4004 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |