Prameswari, Shinta Eka (2022) Efektivitas Bimbingan Kelompok Terhadap Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_COVER_BKPI.pdf Download (182kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf Download (139kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf Download (206kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_ABSTRAK_BKPI.pdf Download (258kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_DAFTAR ISI_BKPI.pdf Download (159kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_BAB I_BKPI.pdf Download (544kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_BAB IV_BKPI.pdf Download (727kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf Download (270kB) |
|
Text
SHINTA EKA PRAMESWARI_18381092102_KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf Download (190kB) |
Abstract
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kepercayaan diri Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah sehingga terdapat banyak siswa yang tidak dapat bersosialisasi dengan baik dan menutup diri dari lingkungan sekitarnya, hal tersebut dapat menghambat perkembangan potensi yang ada dalam diri siswa. Sehingga hal tersebut dapat menghambat proses pembelajaran siswa. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah efektivitas bimbingan kelompok terhadap meningkatkan kepercayaan diri siswa di MTs Al�Falah Tlanakan Pamekasan; kedua, Seberapa besar efektivitas bimbingan kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan pre-experimental design, desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive, dengan jumlah sampel 15 siswa kelas VII MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, wawancara, dan uji validitas. Analisis data yang digunakan adalah uji pairedsample T-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari layanan bimbingan kelompok untuk meningkatakan kepercayaan diri peserta didik kelas VII di MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Tingkat efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik diKelas VII di MTs Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Ditunjukkan dengan uji uji Wilcoxon Signed Rank Testdiketahui bahwa negative rank atau selisih (negatif) antara hasil angket kepercayaan diri untuk pre-test dan post-test adalah 0, baik itu pada nilai N, Mean Rank, maupun Sum of Rank. Nilai 0 disini menunjukkan tidak adanya penurunan (pengurangan) dari nilai pre-test ke nilai post-test. Selanjutnya diketahui positive rank atau selisih (positif) antara hasil angket kepercayaan diri untuk pre-test dan post-test. Terdapat 15 data positif (N) yang artinya ke 15 siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri dari nilai pre-test ke nilai post-test. Mean rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 8,00. Sedangkan jumlah sum of rank atau jumlah rangking positif adalah sebesar 120,00. Selain negative rank dan positive rank, ada yang namanya Ties yaitu kesamaan nilai pre-test dan post-test, disini nilai Ties adalah 0, sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada nilai yang sama antara pre-test dan post-test,Berdasarkan output “Test Statistics”, diketahui nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Karena nilai 0,001 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis Diterima”. Artinya ada perbedaan antara hasil angket kepercayaan diri untuk pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian treatment yang diberikan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Untuk itu sesuai dasar pengambilan keputusan diatas bisa disimpulkan jika Ho ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 30 May 2023 07:43 |
Last Modified: | 30 May 2023 07:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4020 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |