Kirana, Amelia (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Operator Sekolah di SMPN 1 Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Amelia Kirana_19381042013_Cover_MPI.pdf Download (203kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_Lembar Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf Download (209kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_Lembar Pengesahan_MPI.pdf Download (230kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_Abstrak_MPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_Daftar isi_MPI.pdf Download (255kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_BAB I_MPI.pdf Download (524kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_BAB IV_MPI.pdf Download (628kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (371kB) |
|
Text
Amelia Kirana_19381042013_Surat Pernyataan Keaslian_MPI.pdf Download (244kB) |
Abstract
Kata kunci: Kepala Sekolah, Operator Sekolah, Kompetensi Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui pengembangan kompetensi operator sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi operator sekolah di SMPN 1 Pademawu Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana gambaran kompetensi operator sekolah di SMPN 1 Pademawu Pamekasan. Kedua, bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi operator sekolah di SMPN 1 Pademawu Pamekasan. Ketiga, apa saja kendala yang dialami oleh kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi operator sekolah di SMPN 1 Pademawu Pamekasan. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan yang berjumlah 3 orang yaitu kepala sekolah, operator sekolah dan staf tenaga administrasi sekolah. Dalam analisis data peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gambaran kompetensi operator sekolah bisa dikatakan cukup baik tetapi perlu untuk dikembangkan lagi agar lebih maksimal. Kedua, terdapat strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi operator dengan cara diikutkan pelatihan yang diadakan oleh dinas, meminta operator bergabung dengan grup WhatsApp untuk bertukar informasi, meminta operator aktif mengikuti perkembangan terbaru berkaitan program�program operator sekolah di pusat dan daerah, serta meminta operator sekolah aktif menjalin komunikasi dengan guru dan staf TU terkait perkembangan informasi yang diterima. Ketiga, ada beberapa kendala yang dialami operator sekolah yaitu kurangnya waktu kegiatan pelatihan yang diadakan oleh dinas pendidikan. Selain itu, kendala yang dialami kepala sekolah yaitu kurangnya motivasi sehingga terkadang operator meremehkan pelatihan yang berguna untuk meningkatkan pengetahuannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 30 May 2023 07:33 |
Last Modified: | 30 May 2023 07:33 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4035 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |