Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Kompetensi Tata Busana Siswa di Man 2 Pamekasan

Jasilah, Fauzatul (2022) Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Kompetensi Tata Busana Siswa di Man 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Cover_MPI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Halaman_Persetujuan_MPI(1).pdf

Download (68kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Halaman_Pengesahan_MPI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Abstrak_MPI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Bab I_MPI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Bab II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Bab III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Bab IV_MPI.pdf

Download (815kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Bab V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_MPI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Fauzatul Jasilah_19381042022_Riwayat_Hidup_MPI.pdf

Download (327kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kompetensi Tata Busana Manajemen kurikulum sebagai system pengelolaan kurikulum yang kooperatif dan sistematik dalam rangka untuk mewujudkan tercapainya tujuan kurikulum. Dalam pelaksanaanya, manajemen kurikulum dikembangkan dengan konteks manajemen berbasis sekolah dan kurikulum tingkat satuan pendidikan agar sesuai. Oleh karena itu, kebijakan yang diberikan kepada lembaga pendidikan atau sekolah dalam rangka mengembangkan kurikulum sesuai dengan visi dan misi dalam lembaga pendidikan atau sekolah untuk tidak mengabaikan kebijakan pendidikan nasional yang sudah ditetepkan. Berdasarkan hal tersebut peneliti memfokuskan pada tiga masalah. Pertama, Bagaimana implementasi kurikulum dalam mengembangkan kompetensi tata busana siswa di Man 2 Pamekasan? Kedua, Bagaimana hasil kurikulum dalam mengembangkan kompetensi tata busana siswa di Man 2 Pamekasan?, Ketiga, Bagaimana evaluasi kurikulum dalam mengembangkan kompetensi tata busana siswa di Man 2 Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru pengajar tata busana, dan siswa keterampilan tata busana di man 2 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Kurikulum dalam Mengembangkan Kompetensi Tata Busana Siswa di Man 2 Pamekasan dilakukan dengan Pelaksanaan mata pelajaran tata busana dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, Mata pelajaran tata busana dilakukan selama 6 jam setiap minggunya, Pelajaran tata busana dilakukan di laboratorium tata busana dengan alat-alat tata busana, dan Setiap tingkatan kelas berbeda hari dalam pelajaran tata busana. Kedua, Hasil Kurikulum dalam Mengembangkan Kompetensi Tata Busana Siswa di Man 2 Pamekasan yaitu menghasilkan Meningkatnya peminat tata busana dari tahun ke tahun dan Banyak siswa-siswi yang sudah bisa membuat dan mendesain baju. Ketiga, Evaluasi Kurikulum dalam Mengembangkan Kompetensi Tata Busana Siswa di Man 2 pamekasan yaitu Setiap semester siswa membuat baju, rok, celana dan yang lainnya untuk penilaian akhir semester dan Semester genap awal untuk kelas XII mengikuti magang ke perusahaan yang bekerja sama dengan pihak sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 30 May 2023 07:28
Last Modified: 30 May 2023 07:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4040

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item