Mubarok, Mubarok (2022) Implementasi Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di TK Babul Ulum Labang Bangkalan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Mubarok _20170701061039_Cover_PIAUD.pdf Download (11kB) |
|
Text
c) Mubarok_20170701061039_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf Download (131kB) |
|
Text
d) Mubarok_20170701061039_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf Download (193kB) |
|
Text
e) Mubarok_20170701061039_Abstrak_PIAUD.pdf Download (184kB) |
|
Text
f) Mubarok_20170701061039_Daftar_Isi_PIAUD.pdf Download (189kB) |
|
Text
g) Mubarok_20170701061039_BAB I_PIAUD.pdf Download (445kB) |
|
Text
h) Mubarok_20170701061039_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
i) Mubarok_20170701061039_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
Text
j) Mubarok_20170701061039_BAB IV_PIAUD.pdf Download (442kB) |
|
Text
k) Mubarok_20170701061039_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
l) Mubarok_20170701061039_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (314kB) |
|
Text
b) Mubarok_20170701061039_Surat Pernyataan Keaslian_Karya_PIAUD.pdf Download (225kB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi Pasir Berwarna, Media Pembelajaran, Perkembangan kognitif anak usia 3-4 Tahun ٍن َما نَ َح َل َوا ِلدٌ َولَدًا ِم ْن نَ ْح ٍل أَ ْف َض َل ِم ْن أَدَ ٍب َح َس Artinya: "Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik,” (HR Al-Hakim). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat esensial bagi perkembangan anak. Adapun PAUD diartikan sebagai segenap upaya pendidikan dalam memfasilitasi perkembangan dan belajar anak sejak lahir atau 0 sampai dengan 6 tahun melalui penyedian berbagai pengalaman dan rangsangan bersifat mengembangkan. Penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.1) Bagaimana implementasi pasir berwarna sebagai media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di TK Babul Ulum Labang Bangkalan. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pasir berwarna sebagai media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di TK Babul Ulum Labang Bangkalan. 3) Apa manfaat implementasi pasir berwarna sebagai media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di TK Babul Ulum Labang Bangkalan. Metode penelitain yang digunakan adalah penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Babul Ulum Labang Bangkalan. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi berperan serta, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Proses pembelajara media pasir berwarna memiliki kegitan berupa kegitan pembelajaran yaitu membenttuk cetakan pasir berwarna sesuai ukuran dan bentuknya. 2) Faktor pendukung dan penghambat pasir berwarna sebagai media pembelajaran yaitu anak itu lebih kreatif, lebih berkreasi dengan menggunakan pasir berwarna dan lebih menyenangkan dalam belajar. Faktor penghambat tersedianya media pasir berwarna yang terbatas mengharuskan anak-anak perlu bergantian dalam pemakaiannya. 3) Manfaat pasir berwarna sebagai media pembelajaran anak usia 3-4 tahun dapat mengembangkan berbagai aspek bidang perkembangan yaitu Nilai agama dan moral, fisik motorik, Kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 01:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4050 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |