Efektivitas Metode Bernyanyi Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Al-Jufri 8 di Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan

Kamaliyah, Dzurrotul (2022) Efektivitas Metode Bernyanyi Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Al-Jufri 8 di Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_Cover_PIAUD.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_ABTRAK_PIAUD.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_BAB I_PIAUD.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Dzurrotul Kamiliyah_18381062024_Surat_Pernyataan_Keaslian_PIAUD.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kata Kunci: Efektivitas, Metode Bernyanyi, Motivasi Belajar Anak Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menerapkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar anak dengan menerapkan metode bernyanyi. Sebelum diterapkannya metode bernyanyi, motivasi belajar anak di TK Al-Jufri 8 sangat rendah, anak-anak tidak antusias mengikuti pembelajaran, dan sulit memahami materi. Metode bernyanyi termasuk metode yang dianggap efektif diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar anak di TK Al-Jufri 8 Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Pada penelitian ini terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian yaitu: pertama,bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam proses belajar mengajar untuk memotivasi belajar anak kelompok B di TK Al-Jufri 8 Di Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan; kedua bagaimana efektivitas metode bernyanyi dalam memotivasi belajar anak kelompok B di TK Al�Jufri 8 Di Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, yakni penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada dilapangan. Data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui guru di TK Al-Jufri 8. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif melalui pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode bernyanyi dalam proses belajar mengajar untuk memotivasi belajar anak di TK Al�Jufri 8 Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan diterapkan saat penyampaian materi yang terdiri beberapa kegiatan yakni: 1. Kegiatan awal dimulai dari mengucapkan salam, berdoa bersama yang dipimpin oleh guru, guru mengecek kehadiran siswa, guru bertanya tentang materi sebelumnya dan memberi tahu materi yang akan diajarkan; 2. Kegiatan inti yakni guru menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi; dan 3. Kegiatan penutup yakni guru menutup pembelajaran dengan melakukan tanya jawab terkait materi yang guru ajarkan untuk menilai dan mengetahui apakah anak sudah paham atau tidak tentang materi yang diajarkan serta diakhiri berdoa bersama. Kedua, berkitan dengan efektivitas metode bernyanyi terhadap motivasi belajar anak kelompok B di TK Al�Jufri 8 Di Desa Peltong Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, dapat dikatakan bahwa metode bernyanyi efektif dalam memotivasi belajar anak usia dini dibandingkan sebelum diterapkannya metode bernyanyi. Hal tersebut bisa dilihat dari: 1. Anak-anak yang sangat mudah memahami materi yang guru sampaikan; 2. Anak-anak sangat antusias mengikuti pembelajaran dikarenakan aktivitas belajar yang menarik dan; 3. Anak-anak termotivasi untuk belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:31
Last Modified: 24 Feb 2023 06:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4060

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item