Yulianti, Febri (2022) Pengelolaan Lingkungan Belajar Indoor dan Outdoor Kelompok A di TK Bina Rahima Sumber Papan II Desa Larangan Badung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
FebriYulianti_ 19381062095_Cover_PIAUD.pdf Download (319kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf Download (183kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_ Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (282kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_ Abstrak_PIAUD.pdf Download (147kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_Daftar_ Isi_PIAUD.pdf Download (166kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_BAB I_PIAUD.pdf Download (630kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_BAB IV_PIAUD .pdf Download (394kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (165kB) |
|
Text
FebriYulianti_ 19381062095_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PIAUD.pdf Download (297kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengelolaan, Lingkungan Belajar, Indoor, Outdoor. Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mendeskripsikan proses pengelolaan lingkungan belajar indoor dan outdoor kelompok A di TK Bina Rahima 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung pengelolaan lingkungan belajar indoor dan outdoor kelompok A di TK Bina Rahima. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus tunggal, yang diarahkan untuk mengkaji lebih kritis teori yang ada dengan keadaan di lapangan tentang bagaimana pengelolaan lingkungan belajar indoor dan outdoor kelompok A di TK Bina Rahima, sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan tukang kebun TK Bina Rahima, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu catatan lapangan, rpph guru, notulensi rapat pengelolaan sarana dan prasarana, foto kelas, jadwal piket kebersihan guru, visi misi sekolah, foto pengelolaan lingkungan belajar, dan foto wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan belajar indoor dan outdoor kelompok A di TK Bina Rahima sudah baik, hal ini dapat diketahui dari proses pengelolaan lingkungan belajar yang dilakukan oleh guru dan tukang kebun. Guru membuat suasana kelas menjadi nyaman dengan membersihkan ruang kelas, menghidupkan kipas, menempatkan tas anak di cantolan, menata benda-benda yang harus ditata dan dirapikan seperti buku-buku dan alat bermain, menata meja dan kursi, menempatkan benda sesuai tempatnya, merapikan dinding kelas. Membangun kelas sesuai kriteria seperti adanya ventilasi, membuat sirkulasi udara lancar, membuat tembok sebagai tempat menempel sumber belajar, membuat cahaya dapat masuk ke dalam ruang kelas, menjaga keamanan anak di outdoor dan tukang kebun senantiasa membersihkan dan merawat area outdoor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:58 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4062 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |