Implementasi Metode Kartu Huruf Dalam Pengembangan Membaca Permulaan Bagi Siswa Di Kelompok B TK PKK Kelurahan Kangenan Pamekasan Tahun Ajaran 202/ 2022

Annisa, R. Syavira Dwi (2022) Implementasi Metode Kartu Huruf Dalam Pengembangan Membaca Permulaan Bagi Siswa Di Kelompok B TK PKK Kelurahan Kangenan Pamekasan Tahun Ajaran 202/ 2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_Sampul_PIAUD.pdf

Download (212kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_Lembar persetujuan_PIAUD.pdf

Download (107kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_Halaman pengesahan_PIAUD.pdf

Download (190kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ Abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ Daftar isi_PIAUD.pdf

Download (381kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ BAB I _PIAUD.pdf

Download (4MB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ BAB IV_PIAUD.pdf

Download (5MB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNIISA_20170701062049_ BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ Daftar Rujukan_PIAUD.pdf

Download (231kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ Keaslian tulisan_PIAUD.pdf

Download (143kB)
[img] Text
R.SYAVIRA DWI ANNISA_20170701062049_ Bebas plagiasi_PIAUD.pdf

Download (330kB)

Abstract

Kata Kunci:Implementasi Metode Kartu Huruf,Pengembangan Membaca Permulaan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai pada usia enam tahun yang dilakukan dengan memberikan rangsangan untuk membantu perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini penting dilaksanakan sebab anak usia 0-6 tahun berada pada masa peka yaitu masa dimana seluruh potensi anak dapat dikembangkan secara optimal baik dalam aspek fisik, bahasa,kognitif,sosial-emosional,maupun moral-agama. Media adalah sumber belajar, maka secara luas media dapat diartikan dengan manusia, benda, ataupun peristiwa yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Kartu huruf merupakan salah satu media pembelajaran visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat. Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar.Kartu huruf termasuk dalam alat permainan edukatif karena memenuhi syarat- syarat sebagai alat permainan edukatif yang dapat dijadikan media dalam pembelajaran. Permainan kartu huruf ini merupakan salah satu metode bermain yang cukup efektif dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Sebab anak pada usia 5-6 tahun masih pada tahap pra operasionalyaitu anak belajar melalui benda konkret. Permainan kartu huruf ini memiliki cukup banyak kelebihan yaitu dapat dikreasikan dengan beberapa cara bermain, media yang mudah di dapat ataupun dibuat,sesuai dengan tahap usia anak dimana anak belajar menggunakan sesuatu yang konkret atau dapat dilihat sehingga mudah di ingat, dan memberi kebebasan pada anak untuk berekspresi menyusun huruf menjadi sebuah kata sesuai dengan idenya Seperti halnya anak dalam belajar membaca permulaan,mengenal huruf dan kata,guru memberikan ruang yang cukup luas kepada anak agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir dan daya ciptanya,dengan menggunakan salah satu strategi untuk memikat ketertarikan anak dalam belajar membaca permulaan.Dalam pengembangan strategi membaca permulaan pada anak salah satunya menggunakan metode kartu huruf. Dalam hal ini permainan kartu huruf dikemas dan dikreasikan dengan baik. Untuk itu dibutuhkan permainan kartu huruf yang cukup menarik agar anak lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berbagai macam permainan yang menggunakan kartu huruf, sebagaimana salah satunya adalah permainan mencari huruf dan permainan mencocokkan huruf. Permainan mencari huruf tujuannya adalah memudahkan siswa dalam mengingat huruf abjad, melatih siswa agar lebih tanggap, menumbuhkan rasa semangat belajar, dan memudahkan siswa dalam menguasai dan memahami istilah/ kata. Permainan mencocokkan huruf disini anak ditugaskan mencocokkan huruf yang sesuai dengan gambar dan tulisan yang ditunjukkan guru. Alat dan bahan yang digunakan adalah gambar yang dibawahnya terdapat nama gambar serta kartu huruf. Dalam permainan ini tetap berpedoman pada prinsip - prinsip bermain sehingga dalam permainan kartu huruf ini prinsipnya adalah melibatkan peran aktifanak, yaitu anak sebagai pelaku dalam permainan Membaca permulaan merupakan tahap awal dari membaca yang difokuskan kepada mengenal symbol - symbol atau tanda - tanda yang berkaita dengan huruf- huruf, sehingga menjadi pondasi agar siswa dapat melanjutkan ketahap membaca lanjut. Membaca permulaan merupakan suatu proses keterampilan dan kognitif. Proses keterampilan menunjukkkan pengenalan dan penguasaan lambang - lambang fonem, sedangkan proses kognitif menunjukkan pada penggunaan lambang - lambang fonem yang sudah dikenal untuk memahami makna suatu kata atau kalimat Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.informasinya adalah kepala sekolah TK PKK Kelurahan Kangenan, Guru TK PKK Kelurahan Kangenan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, kredibilitas dan perpanjangan keikut sertaan,triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan.Dari hasil penelitian ada beberapa faktor yang yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi metode kartu huruf dalam pengembangan membaca permulaan siswa di kelompok B TK PKK Kelurahan Kangenan. Faktor pendukungnya yaitu pola asuh orang tua, penerapan pembeajaran guru yang diberikan dengan menggunakan model klasikal dengan kegiatan bermain sambal belajar, anak dibebaskan bermain APE sambal belajar. Yang menjadi faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakter anak, seperti anak pendiam dan anak yang nakal, perbedaan kebiasaan dirumah dan disekolah, dan keterbatasan APE. Dari hasil penerapan metode kartu huruf dalam pengembangan membaca permualaan dapat disimpulkan bahwa mengembangkan membaca permulaan anak dapat di implementasikan melalui metode kartu huruf. Sedangkan secara khusus, dapat disimpulkan bahwa mengembangkan kemampuan membaca permulaan dalam aspek kepekaan anak terhadap mengenal huruf dapat melalui metode kartu huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:04
Last Modified: 28 Feb 2023 03:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4063

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item