Anizah, Nor (2022) Upaya Meningkatkan Perkembangan Artikulasi Bahasa Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Nor Anizah_ 18381062059_Cover_PIAUD.pdf Download (72kB) |
|
Text
Nor Anizah_18381062059_Halaman Pengesahan_PIAUD.pdf Download (243kB) |
|
Text
Nor Anizah_ 18381062059_Persetujuan Pembimbing_PIAUD.pdf Download (142kB) |
|
Text
Nor Anizah_ 18381062059_ Abstrak_PIAUD.pdf Download (15kB) |
|
Text
Nor Anizah_18381062059_Daftar Isi_PIAUD.pdf Download (19kB) |
|
Text
Nor Anizah_ 18381062059_ BAB I_PIAUD.pdf Download (294kB) |
|
Text
Nor Anizah_ 18381062059_ BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
Nor Anizah _ 18381062059_ BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
Nor Anizah _ 18381062059_ BAB IV_PIAUD.pdf Download (311kB) |
|
Text
Nor Anizah _ 18381062059_ BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
Nor Anizah_18381062059_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (125kB) |
|
Text
Nor Anizah_18381062059_Surat Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf Download (222kB) |
Abstract
Kata kunci : Bermain Peran, Anak Usia Dini, Artikulasi Bahasa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini dilakukan karena artikulasi bahasa anak masih kurang lancar dan kurang tepat hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang terdapat dalam diri anak dan metode permain peran di kelompok A belum di lakukan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana upaya guru meningatkan perkembangan artikulasi bahasa anak dengan menggunakan metode bermain peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kedua, apa saja manfaat dari upaya meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran diRA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Suharsimi Arikunto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 siswa dan 7 siswi. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan artikulasi bahasa dengan menggunakan metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi anak. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan nilai persentase yang dicapai anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru dalam meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu dengan memberi motivasi pada anak yang bermasalah dalam pengartikulasian bahasa, melatih membimbing anak dengan telatin. Kedua, manfaat dari meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu anak mampu mengungkapkan bahasanya dengan tepat dan dapat difahami oleh orang lain. Ketiga, faktor pendukung dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini yaitu dengan strategi guru dalam merencanakan kegiatan bermain peran, ketersediaan media, dan kerjasama antara guru wali kelas dan peneliti, sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini yaitu tidak meningkatnya pada tindakan siklus I sehingga peneliti melanjutkan pada tindakan siklus ke II karena anak kurang fokus ketika guru menjelaskan dan sibuk berbicara dengan temannya. Metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak kelompok A RA Muslimat NU Nurud Dholam Pamekasan. Peningkatan ini dapat di lihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil peningkatan pada siklus I mencapai 49,17% dan pada siklus II meningkat menjadi 68,58%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 01:47 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 01:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4068 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |