Penerapan Kedisiplinan Anak Usia Dini melalui Dongeng di TK Miftahul Ulum Teja Timur Pamekasan

Basmallah, Mery Yulia (2020) Penerapan Kedisiplinan Anak Usia Dini melalui Dongeng di TK Miftahul Ulum Teja Timur Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. Mery YB-sampul Piaud.pdf

Download (63kB)
[img] Text
c. Hal persetuujuan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
d. Hal Pengesahan.pdf

Download (111kB)
[img] Text
e. Mery YB-abstrak Piaud.pdf

Download (35kB)
[img] Text
e. Mery YB-kata pengantar Piaud.pdf

Download (35kB)
[img] Text
f. e. Mery YB-Daftar isi Piaud.pdf

Download (289kB)
[img] Text
g. Mery YB-Bab 1 Piaud.pdf

Download (127kB)
[img] Text
h. Mery YB-Bab 2Piaud.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
i. Mery YB-Bab 3 Piaud.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
j. Mery YB-bab 4 Piaud.pdf

Download (295kB)
[img] Text
k. Mery YB-Bab 5 Piaud.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
l. Mery YB-daftar pustaka Piaud.pdf

Download (93kB)
[img] Text
b. Mery Keaslian Tulisan.pdf

Download (228kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Kedisiplinan, Dongeng, Anak Usia Dini Kedisiplinan adalah cermin kehidupan seatu masyarakat atau bangsa. Maknanya, dari gambaran tingkat kedisiplinan suatu bangsa akan dapat dibayangkan seberapa tingkatan tinggi rendahnya budaya bangsa yang dimilikinya. Cerminan kedisiplinan mudah terlihat pada tempat�tempat umum, lebih khusus lagi pada sekolah-sekolah, yang kurang disiplin. Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan atau ketertiban. Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini adalah pelaksanaan guru dalam menerapkan kedisiplinan anak usia dini melalui dongeng di TK Miftahul Ulum Teja Timur Pamekasan, faktor pendukung dalam penerapan kedisiplinan anak usia dini melalui dongeng, dan faktor penghambat dalam penerapan kedisiplinan anak usia dini melalui dongeng serta manfaat dari penerapan kedisiplinan anak usia dini melalui dongeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam Pelaksanaan Penerapan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Dongeng di TK Miftahul Ulum Teja Timur Pamekasan dimulai dengan cara memfokuskan anak agar mendengarkan dan melihat guru yang ada di depan dengan cara mengambil alih perhatian anak melalui alat peraga atau suara yang unik dari ibu guru. Artinya anak harus dipancing terlebih dahulu agar fokus dan tidak main-main sendiri. Apabila siswa dan siswi sudah fokus dan memperhatikan guru yang akan berdongeng, guru akan memulai dongeng yang isi moralnya diharap bisa membuat anak disiplin. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam penerapan kedisiplinan anak usia dini melalui dongeng, yaitu guru tampil lincah dan menarik sehingga anak senang melihat dan mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh guru agar tercapainya suatu kedisiplinan melalui dongeng sera adanya media/alat peraga untuk mempermudah guru dalam berdongen dan membuat anak tertarik sehingga tidak merasa bosan. Selanjutnya Faktor penghambat terhadap penerapan kedisiplinan anak usia dini melalui dongeng, yaitu tidak semua guru bisa berdongeng karena kemampuan guru yang berbeda-beda sesuai dengan bidangnya serta tidak adanya tempat khusus untuk dongeng. Ketiga, Manfaat penerapan kedisiplinan anak usia dini melalui dongeng yaitu mampu melatih konsentrasi anak, saat guru berdongeng dengan menarik anak akan fokus dan konsentrasi mendegarkan dongeng serta Anak bisa dengan mudah memahami pesan moral yang disampaikan oleh guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:57
Last Modified: 31 Mar 2023 01:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4069

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item