. “Penerapan Program Asrama berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Sabilillah Sampang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah IAIN Madura

Azka, Milal (2020) . “Penerapan Program Asrama berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Sabilillah Sampang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1-SAMPUL-AZKA-MILAL-20160701010033.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUAN - AZKA MILAL 20160701010033.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3-HALAMAN PENGESAHAN-AZKA MILAL 20160701010033.pdf

Download (47kB)
[img] Text
4-ABSTRAK-AZKA-MILAL-20160701010033.pdf

Download (182kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - AZKA MILAL 20160701010033.pdf

Download (139kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - AZKA MILAL 20160701010033 .pdf

Download (150kB)
[img] Text
7 BAB 1 - AZKA MILAL 20160701010033.pdf

Download (238kB)
[img] Text
8 BAB II - AZKA MILAL 20160701010033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
9 BAB III - AZKA MILAL 20160701010033 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
10 BAB VI - AZKA MILAL 20160701010033.pdf

Download (363kB)
[img] Text
11 BAB V - AZKA MILAL 20160701010033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA - AZKA MILAL 20160701010033.pdf

Download (111kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - Azka Milal 20160701010033 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - AZKA MILAL 20160701010033.pdf

Download (72kB)
[img] Text
13 KEASLIAN TULIS - Azka Milal 20160701010033 .pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam mengungkap fenomena yang dilakukan oleh pihak SMP Sabilillah Sampang dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menyediakan program asrama berbasis pesantren sebagai fasilitas pendidikan Dengan demikian, penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana penerapan program asrama berbasis pesantren dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta bagaimana strategi kerjasamanya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian, yaitu; Pertama, Bagaimana pelaksanaan progam asrama berbasis pesantren di SMP Sabilillah Sampang?. Kedua, Bagaimana pelaksanaan progam asrama berbasis pesantren dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Sabilillah Sampang?. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelakanaan program asrama berbasis pesantren dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Sabilillah Sampang?. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus (case study). Data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Stakeholder, Kepala Sekolah, Pengasuh Asrama, Pengurus Asrama, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Bahasa Inggris, Guru Seni Budaya serta siswa program asrama di SMP Sabilillah Sampang. Adapun tehnik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), serta verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan tehnik pengecekan keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Pelaksanaan program asrama berbasis pesantren di SMP Sabilillah Sampang, dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, SMP Sabilillah Sampang menyediakan program asrama berbasis pesantren sebagai fasilitas pendidikan, sebagai tempat menginap siswa selama masa pendidikan dan memberikan pengajaran keagamaan didalamnya. 2)Pelaksanaan program asrama berbasis pesantren dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Sabilillah Sampang melalui program unggulan dalam asrama, yaitu program Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Membaca kitab dan Hifdzul Qur’an, serta program tambahan seperti Sabilillah spektakuler show. 3) faktor pendukung dalam pelaksanaan program asrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu minat belajar siswa yang tinggi, dukungan orang tua dan guru, pengaruh teman, dan program-program yang diterapkan dalam asrama, dan Faktor penghambatnya yaitu kurangnya minat belajar siswa, pengaruh teman yang kurang baik dan guru yang tidak profesiona

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:58
Last Modified: 17 Jul 2024 03:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/407

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item