Khoirun, Nisa’ (2020) .“Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di Dusun Paninggin Kec. Pademawu Kab. Pamekasan”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a). Khoirun Nisa_20160701010078_Cover_PAI.pdf Download (471kB) |
|
Text
c). Khoirun Nisa_20160701010078_Lembar Persetujuan_PAI.pdf Download (333kB) |
|
Text
d). Khoirun Nisa_20160701010078_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (256kB) |
|
Text
e). Khoirun Nisa_20160701010078_Abstrak_PAI.pdf Download (345kB) |
|
Text
f). Khoirun Nisa_20160701010078_Daftar Isi_PAI.pdf Download (362kB) |
|
Text
g). Khoirun Nisa_20160701010078_BAB I_PAI.pdf Download (399kB) |
|
Text
h). Khoirun Nisa_20160701010078_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
Text
i). Khoirun Nisa_20160701010078_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
j). Khoirun Nisa_20160701010078_BAB IV_PAI.pdf Download (750kB) |
|
Text
k). Khoirun Nisa_20160701010078_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
l). Khoirun Nisa_20160701010078_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (376kB) |
|
Text
b). Khoirun Nisa_20160701010078_Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (185kB) |
Abstract
Al-Qur’an memandang bahwa pendidikan merupakan persoalan utama dalam membangun dan memperbaiki kondisi umat islam. Mengingat sangat pentingnya alQur’an sebagai pedoman hidup dan petunjuk hidup bagi umat islam, maka umat islam harus mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan aturan membacanya. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran membaca al-Qur’an. Dalam hal ini sekolah atau tempat pembelajaran al-qur’an tentunya memerlukan sebuah system pembelajaran al-Qur’an yang mampu memberikan jaminan kepada para santrinya. Disini Metode Ummi merupakan salah satu model metode pembelajaran al-Qur’an yang terbaru. Metode ummi ini merupakan salah satu system pembelajaran al-Qur’an yang telah tersusun secara sistematis dan rinci mengenai beberapa hal terkait dengan tahapan-tahapan yang harus di jalankan sebelum dilakukan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan metode Ummi dalam Pembelajaran al-Qur’an di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di Dusun Paninggin (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Ummi di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di Dusun Paninggin. Untuk menjawab permasalah ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yakni. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur, observasi berperan serta dan metode dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data selama dan setelah kajian pustaka dan model analisis reduksi data penyajian data dan verifikasi data untuk kajian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama penerapan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di Dusun Paninggin yaitu dengan menggunakan tujuh tahapan. Tujuh tahapan tersebut terdiri dari pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup. Ketujuh tahapan tersebut dilaksanakan setiap pembelajaran alQur’an berlangsung yaitu dengan waktu 60 menit.Kedua faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Ummi yang pertama adalah faktor pendukung bahwa metode ummi di RumahTahfidz Sahabat Qur’an adalah metode ummi betulbetul sangat membantu terutama dari segi bacaan dan semangat ustadz dan ustadzah dalam mengajar. Sedangkan factor penghambat dari penerapan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an adalah keadaan siswa yang berbeda dalam setiap kelompok, kedua minimnya sarana prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 02:58 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/411 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |