Penerapan Etika Berbisnis Dalam islam Terhadap Sistem Pemasaran dalam Meningkatkan Usaha Toko Sembako di Pasar Blumbungan,

Atiqurrohman, Atiqurrohman (2022) Penerapan Etika Berbisnis Dalam islam Terhadap Sistem Pemasaran dalam Meningkatkan Usaha Toko Sembako di Pasar Blumbungan,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_Halaman persetujuan.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_Halaman pengesahan.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_daftar isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_BAB IV.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Atiqurrohman_18383031036_Keaslian penulisan.pdf

Download (202kB)

Abstract

Kata Kunci : Etika bisnis islam, Etika Pedagang. Dalam melakukan pekerjaan, aspek etika adalah hal yang mendasar yang harus diperhatikan oleh pedagang. Istilah tingkah laku pedagang yang bia menentukan mana yang baik dan mana yang buruk pada saat berinteraksi kepada pembeli. Pedagang harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan sopan santun, ramah, dan bisa membuat nyaman kepada konsumen yang nantinya bisa berdampak baik bagi pedagang tersebut. Bersadarkan hal tersebut, terdapat dua pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan etika bisnis islam pedagang di pasar blumbungan dalam meningkatkan dalam meningkatkan perekonomiannya dengan menggunakan perspektif islam. Pedagang menggunakan prinsip etika bisnis islam yang bertujuan tidak hanya ingin mendapatkan keuntungan melaikan juga ingin mendapatkan barokah dari Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peniliti menggunakan tiga prosedur pengumpulan data yaitu: wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi lainnya berupa pedagang dan pembeli untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa langkah yaitu reduksi data, sedangkan pengecekkan keabsahan data dilakukan melalui ketekunann peneliti dan trigulasi. Dari penelitian ini penulis dapat memberi kesimpulan, etika pedagang di pasar blumbungan sudah melakukannya dengan baik. Berbagai macam prilaku yang dilakukan oleh para pedagang melayani pembeli. Pertama, pedagang di pasar blumbungan telah memahami prinsip etika bisnis islam yang ada seperti jujur dalam menjual dagangannya (quantity) tetapi kurang transparan, menjual barang yang baik mutunya (quality), dilarang menggunakan sumpah (al-qash), longgar dan bermurah hati (tatsamuh dan taraahum), membangun hubungan baik (interrelation ship atau al-rahym) antar kolega, tertib administrasi dan menetapkan harga yang transparan tetapi kurang memberikan daftar harga yang pasti. Kedua pedagang akan merasakan dampak saat menerapkan prinsip etika bisnis islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 May 2023 06:58
Last Modified: 29 May 2023 06:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4136

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item