Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang

Wulandari, Asri Ayu (2022) Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_COVER_PIAUD.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_LEMBAR PENGESAHAN_PIAUD20230105_10544265.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_SURAT PERSETUJUAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_BAB I_PIAUD.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (674kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Asri Ayu Wardani_18381062015_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (57kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Pengelolaan lembaga PAUD harus melihat kepada kebutuhan anak, yaitu pendidikan yang berdasarkan dengan minat, kebutuhan, dan kemampuan atau potensi sang anak. Maka dari itu peran dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan tentu penting sekali, harus mampu memberikan fasiltas dengan segala aktivitas anak dan dengan berbagai fasilitas dengan segala kebutuhannya. Fokus dalam penelitian ini adalah, pertama Bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang?. Kedua, Apa saja faktor-faktor pendukung manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang?, ketiga Bagaimana hasil pelaksanaan manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang?. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah TK, Guru TK dan Wali Murid atau Peserta Didik. Data yang diambil dari data tersebut menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain interview (wawancara), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data non statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, pelaksanaan manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK AnNada Nangkernang Sokobanah Sampang yaitu Perencanaan, dalam perencenaan ini termuat seperti 1) Persiapan PPDB, 2) Penyusunan Jadwal Mata Pelajaran, 3) Pembuatan RPP, dan 4) Absensi Peserta Didik dan Jurnal Guru Mengajar. Pelaksanaan, meliputi, 1) Berdo’a Bersama dan Mengaji, 2) Jadwal per tama Pelajaran, 3) Penyampaian Materi. Dan Penilaian, dalam penilaian ini berupa keterampilan, kreativitas, keaktifan dan kedisiplinan dalam bentuk Anekdot, 4) evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor-faktor pendukung manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang adalah 1) Laptop, 2) Proyektor, 3) Pengeras Suara, dan 4) Alat Peraga. ketiga hasil pelaksanaan manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang adalah 1) pelaksanaan pembelajaran terstruktur dan 2) Minat belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 16 May 2023 01:25
Last Modified: 16 May 2023 01:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4181

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item