Sari, Deswita Aida (2022) Penerapan Pembelajaran Qirā’ah Sab’ah: Resepsi atas Kitab Manba‘ Al-Barakāt Fi Sab‘ Al-Qirā’ah Karya Ahsin Sakho Muhamma di Pondok Pesantren Zainul Ibad Prenduan. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_COVER_IQT.pdf Download (333kB) |
|
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_HALAMAN PERSETUJUAN_IQT.pdf Download (246kB) |
|
Text
Deswita Aida sari_20170702052015_Halaman Pengesahan_IQT.pdf Download (61kB) |
|
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_ABSTRAK_IQT.pdf Download (135kB) |
|
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_DAFTAR ISI_IQT.pdf Download (315kB) |
|
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_BAB I_IQT.pdf Download (324kB) |
|
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_BAB II_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_BAB III_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
|
Text
DESWITA AIDA SARI_20170702052015_BAB IV_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
Text
DESWITA AIDA Sari_20170702052015_DAFTAR PUSTAKA_IQT.pdf Download (203kB) |
|
Text
Deswita Aida Sari_20170702052015_Keaslian Penulis_IQT.pdf Download (58kB) |
Abstract
Kata Kunci: Qirā’ah Sab’ah, Resepsi, Pondok Pesantren Zainul Ibad. Penerapan Pembelajaran qirā’ah Sab’ah di Pondok Pesantren Zainul Ibad adalah salah satu kegiatan yang langkah, yang mana tidak semua Pondok Pesantren mempunyai kegiatan belajar qirā’ah sab’ah. Akan tetapi, tidak semua santri di Pondok Pesantren Zainul Ibad bisa mengikuti pembelajaran qirā’ah sab’ah, melainkan bagi santri yang sudah paham bahasa Arab. Ada dua pokok permasalahan dalam kajian penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana fenomena penerapan pembelajaran qirāah sab’ah di Pondok Pesantren Zainul Ibad Prenduan. Kedua, bagaimana resepsi kitab Manba‘ al-Barakāt fi Sab‘ al-Qirā’ah Karya Ahsin Sakho Muhammad. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran manusia secara individu maupun kelompok. Penelitian kualitatif ini bersifat induktif, artinya penulis berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu yang berdasarkan pada sifat fenomenologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori resepsi dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran qirā’ah sab’ah menggunakan metode halaqoh dan tata cara pembelajarannya menggunakan jama’ kubroh. Metode yang dipakai dalam kitab Manba‘ al-Barakāt fi Sab‘ al-Qirā’ah ada tiga yaitu yang pertama penulisan ayat-ayat Al-Qur’an sesuai tertib (urutan) mushaf ayat per-ayat, yang kedua merinci ayat dan kalimat-kalimatnya. Jika ada ikhtilaf antar ulama’ qiraat baik itu berkaitan dengan ushul qiraat amengetahui farsyul huruf, kemudian disertakan bait nadzam syatibiyyah. Apabila penjelasan ikhtilaf itu telah dijelaskan sebelumnya maka dikatakan jaly amengetahui dzahir amengetahui wadlih amengetahui sabaqa bayyanahu qariban amengetahui ma ila dzalik. Beliau juga memberikan warna merah pada kalimat yang ikhtilaf agar pelajar lebih mudah mengindetifikasi mana kalimat yang ikhtilaf, yang ketiga menjelaskan ushul qiraat baik itu dalam bentuk tabel amengetahui yang lainnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:59 |
Last Modified: | 29 May 2023 04:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4190 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |