Penggunaan Media Komunikasi Audio Visual Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Tunagrahita) di SDLB PGRI Pademawu)

Permatasukma, Felawati Dian (2022) Penggunaan Media Komunikasi Audio Visual Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Tunagrahita) di SDLB PGRI Pademawu). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_Cover_KPI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
C. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_KPI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
D. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_Lembar_ Pengesahan_KPI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
E. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_Abstrak_KPI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
K. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_Daftar_Isi_KPI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
F. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_BAB I_KPI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
G. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_BAB II_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
H. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_BAB III_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
I. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_BAB IV_KPI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
J. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_BAB V_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
L. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_Daftar_Rujukan_KPI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
B. Felawati Dian Permatasukma_20170702062017_Pernyataan_Keaslian_Karya_KPI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Kata Kunci: Penggunaan Audio Visual, Pesan Dakwah, Anak Tunagrahita Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus yang sejatinya memerlukan perlakuan khusus dari guru dalam pendidikannya. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Disamping itu, berbagai macam ilmu teknologi sudah mulai dikembangkan di berbagai sekolah. Namun sangat disayangkan apabila pengetahuan teknologi tidak dibarengi dengan keagamaan terutama yang bertaraf Islam. Dalam proses pembelajaran seorang guru perlu memperhatikan bagaimana menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, menyenangkan, menggairahkan, dan menarik untuk belajar. Salah satunya yaitu pembelajaran keagamaan berupa tatacara wudhu dan shalat serta doa-doa harian dengan menggunakan komunikasi audio visual sebagai media pembelajaran seperti yang terjadi di SDLB PGRI Pademawu, sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang maksimal bagi para anak didiknya sesuai dengan ajaran Islam. Berangkat dari latar belakang itulah penulis berkeinginan untuk meneliti dan membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul Penggunaan Media Komunikasi Audio Visual Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Anak Tunagrahita di SDLB PGRI Pademawu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media komunikasi audio visual dalam menyampaikan dakwah pada anak tunagrahita dan efektifitas penggunaan media audio visual pada anak tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan landasan teori sebagai panduan untuk memfokuskan penelitian dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media komunikasi audio visual dalam menyampaikan dakwah dan efektifitas penggunaan media audio visual, sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah anak tunagrahita di SDLB PGRI Pademawu. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa hal, yaitu: penggunaan media komunikasi audio visual pada anak tunagrahita dalam penyampaian materi dakwah di SDLB PGRI Pademawu dengan menggunakan media proyektor efektif dalam pembelajaran karena siswa (anak tunagrahita) lebih tertarik menonton animasi kartun yang berbentuk video. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu: metode ceramah, metode simulasi, metode Tanya jawab, metode latihan, dan metode evaluasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 25 May 2023 03:15
Last Modified: 25 May 2023 03:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4215

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item