Implementasi multiple intelligences melalui tes minat RMIB pada siswa kelas X dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Sampang

Haqqoh, Arinal (2022) Implementasi multiple intelligences melalui tes minat RMIB pada siswa kelas X dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 Cover BKPI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 Persetujuan BKPI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 Pengesahan BKPI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 abstrak BKPI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 Daftar isi BKPI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 BAB 1 BKPI.pdf

Download (490kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 BAB II BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 BAB III BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 BAB IV BKPI.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 BAB V BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 daftar rujukan BKPI.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Arinal Haqqoh 18381092005 Keaslian Tulisan BKPI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Kata Kunci : Multiple intelligences, Tes Minat RMIB, Ekstrakurikuler. Penelitian ini dilatarbelakangi dari persoalan dalam mengaplikasikan multiple intelligences dalam kegiatan ekstrakurikuler melalui tes Minat RMIB pada sekolah menengah atas negeri 1 sampang yang dimulai dengan pembaruan program dari guru BK terhadap pelaksanaan tes kepada siswa baru untuk memperoleh data agar siswa lebih mudah mengenali kecerdasannya melalui minatnya. Adapun rumusan masalah dalam rumusan masalah kajian penelitian ini yaitu pertama, bagaimana implementasi multiple intelligences melalui tes minat RMIB pada siswa kelas X dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Sampang dan kedua, Apa saja factor pendorong dan penghambat implementasi Multiple Intelligences melalui tes minat RMIB pada siswa kelas X dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Sampang. Sebagai jawaban dari persoalan itu, maka kemudian dipilihlah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan pengumpulan datanya adalah tanya jawab, pengamatan dan pendokumentasian. Data yang didapat kemudian dianalisa menggunakan metode analisis domain, yaitu dengan memilih data sedemikian rupa hingga terlihat adanya persamaan khusus yang bisa dikategorikan dengan ciri khusus. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, Triangulasi, dan menggunakan bahan refrensi Hasil dari penelitian menampilkan yaitu pada proses pemasukan data tes RMIB. pengaplikasian Multiple intelligences di dalam kegiatan Ekstrakulikuler ini cukup memiliki progres yang optimal karena ada tes minat yang dapat digunakan untuk mengenali minat yang dominan sehingga hal itu bisa memberikan sebuah informasi kepada siswa untuk bisa lebih giat mengasah kemampuannya. Selanjutnya, di tahap proses, penerapan Multiple intelligences melalui tes minat dalam mengembangkan kegiatan Ekstrakulikuler di SMAN 1 Sampang juga belum sepenuhnya optimal karena belum ada sebuah follow up khusus yang membahas mengenai Multiple intelligences untuk para guru Ekstrakulikuler. Terakhir, faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi Multiple Intelligences melalui tes minat RMIB adalah adanya kerjasama yang baik antara guru bk dengan pihak sekolah seperti kepala sekolah dan Waka Kesiswaan dan guru materi ajar yang lain dalam menyukseskan program tersebut, kemudian factor penghambatnya adalah dalam menghitung dan mengevaluasi hasil tes masih bersifat manual dan tidak efektif, siswa tidak mengerjakan dengan sungguh-sungguh. penerapan Multiple intelligences melalui tes minat dalam mengembangkan kegiatan Ekstrakulikuler sedang mengupayakan maksimal karena belum mampu menilai secara absolut dan kompleks

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 May 2023 03:58
Last Modified: 29 May 2023 03:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4243

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item