Implementasi Permainan Congklak dalam mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al Khadijah Galis Pamekasan Jawa Timur

Sholeha, Imroatus (2022) Implementasi Permainan Congklak dalam mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al Khadijah Galis Pamekasan Jawa Timur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (92kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV PAPARAN DATA,TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (130kB)

Abstract

Kata kunci : Permainan Congklak, Sosial Emosional, RA Al Khadijah Galis Congklak adalah permainan tradisional yang terdiri dari papan congklak atau papan dakon dan biji congklak atau biji dakon. Papan congklak terbuat dari kayu dengan berkembangnya zaman papan congklak juga ada yang terbuat dari plastik. Papan congklak terdiri dari 16 lubang dengan 7 lubang kecil dan 1 lubang besar ujung kanan dan kiri. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu : Pertama Bagaimana Implementasi Permainan Congklak Dalam Mengembagkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al Khadijah Galis ? Kedua Apa saja manfaat dari Implementasi Permainan Congklak Dalam Mengembagkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al Khadijah Galis ? Ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari Implementasi Permainan Congklak Dalam Mengembagkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al Khadijah Galis ? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan/verifikai. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui permajangan pengamatan, meningkatkan ketekunan peneliti dan triangulasi. Setelah melakukan penelitian di RA AL Khadijah Galis Pamekasan dapat disimpulkan Pertama, dalam mengimplementasikan permainan congklak sangat sederhana, cukup anak berpasangan untuk bermain dan slaing bergantian dan mamasukkan biji congklak satu-persatu kedalam lubang congklak. Kedua, manfaat permainan congklak antara lain : anak mampu bersabar dalam menunggu giliran, anak mampu mampu percaya diri menjalin komunikasi dengan orang lain, menaati aturan yang disampaikan oleh guru, menerima kekalahan dan menghargai orang lain. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat antara lain : sarana dan prasana yang sangat minim, biji congklak yang saat dimainkan selalu berkurang, kurang memahaminya anak dalam permainan congklak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 May 2023 04:00
Last Modified: 29 May 2023 04:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4254

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item