Aqifah, Athifatul (2022) Penerapan Finger Painting Untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an Muballighin Desa Prekbun Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. sampul.pdf Download (87kB) |
|
Text
2. Halaman Persetujuan.pdf Download (40kB) |
|
Text
3. Halaman Pengesahan.pdf Download (40kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (120kB) |
|
Text
6. daftar isi.pdf Download (33kB) |
|
Text
7. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text
8. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Download (225kB) |
|
Text
11. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
12. Daftar Rujukan.pdf Download (40kB) |
|
Text
13. Keaslian Tulisan.pdf Download (61kB) |
Abstract
Kata Kunci: Finger Painting, Motorik Halus, Anak Usia Dini Anak usia dini adalah anak berusia 0-6 tahun, pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan anak dalam berbagai aspek akan mengalami perkembangan yang cepat sehingga anak usia dini sering disebut masa keemasan (golden age). Salah satu aspek perekembangannya yaitu fisik motorik, dengan menerapkan kegiatan finger panting salah satu cara untuk dapat melatih motorik halus pada anak usia dini.Tujuan penelitian ini yang pertama yaitu Untuk mengetahui persiapan perencanaan pembelajaran finger painting pada anak usia dini di TK Al-Qur’an Muballighin, keduaUntuk mengetahui pelaksanaan penerapan finger panting terhadap motorik halus anak usia dini di TK Al-Qur’an Muballighin, ketigaUntuk mengetahui evaluasi penerapan finger painting terhadap motorik halus anak usia dini di TK Al-Qur’an Muballighin, keempatUntuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan finger painting terhadap motorik halus anak usia dini di TK Al-Qur’an Muballighin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di lembaga TK Al-Qur’an Muballighin dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelompok A. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan perencanaan kegiatan finger painting yaitu dengan menyiapkan Prosem, RPPM, dan RPPH. Dengan menggunakan alat dan bahan yang dibutuhkanyaitu lembar kegiatan anak, pasta warna, wadah, tisu dan air.Dengan cara guru memberikan penjelasan tentang kegiatan finger painting, menjelaskan alat dan bahan yang akan digunakan,menjelaskan cara melakukan kegiatan finger painting, kemudian anak diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan. Agar dapat mengetahui tingkat pencapain anak di TK Al-Qur’an Muballighin, guru melakukan evaluasi dari hasil karya anak. Dan motorik halus anak mulai berkembang, dan beberapa anak sudah berkembang sesuai harapan. Adapun faktor pendukung dari kegiatan finger panting di lembaga TK Al-Qur’an muballighin yaitu media yang menarik, peserta didik yang antusias untuk melakukan kegiatan, dan adanya keinginan dan rasa ingin tahu pada anak. Sedangkan faktor penghambatnya, anak mudah bosan dan kurangnya minat belajar pada anak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > ND Painting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:00 |
Last Modified: | 29 May 2023 04:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4255 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |