Holili, M. (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator pada Pelaksanaan Ibadah Sholat Berjamaah Siswa di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. SAMPUL - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (172kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (43kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (57kB) |
|
Text
4. ABSTRAK - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (254kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (239kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (94kB) |
|
Text
7. BAB I - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (301kB) |
|
Text
8. BAB II - M. HOLILI 20160701010095.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
9. BAB III - M. HOLILI 20160701010095.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text
10. BAB IV - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (323kB) |
|
Text
11. BAB V - M. HOLILI 20160701010095.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
12. DAFTAR RUJUKAN - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (138kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (2MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (24kB) |
|
Text
13. SURAT KEASLIAN - M. HOLILI 20160701010095.pdf Download (63kB) |
Abstract
Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sholat berjamaah, hasil penelitian salah satu peraturan yang diadakan di SMP Al-Faqih adalah wajib bagi siswanya melakasanakan sholat berjamaah diantaranya sholat dzuhur berjamaah. Karena selain moral mereka yang saat ini menurun, mereka juga cenderung tidak melaksanakan shalat berjamaah jika tidak dalam pantauan guru. Peranan guru sebagai motivator ini penting artinya dalam rangka meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa. Guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamisasikan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreativitas), sehingga akan terjadi dinamika dalam proses belajar mengajar Dalam penelitian ini terdapat dua fokus: 1. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator pada pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator pada pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan serta cara mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam usaha mendapatkan sumber data: penulis menggunakan data primer dan skunder. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis datanya peneliti menggunakan mereduksi data, mendisplay data dan kesimpulan dan verifikasi data. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data., Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Peran Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator yang cukup signifikan dalam Membiasakan pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Hal ini dapat dilihat dari Guru mampu menjalin hubungan dekat dengan peserta didik tetapi penuh rasa hormat. Sehingga seorang guru mampu dengan mudah untuk menasehati peserta didik tentang sholat berjamaah, Guru mampu menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik tentang pentingnya sholat berjamaah. Sehingga peserta didik mampu memahi tentan sholat berjamaah, memberikan contoh atau teladan, memberikan nasehat (mauidloh), membiasakan, menegakkan kedisiplinan, serta memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk dapat terbiasa menjalankan ibadah sholat duhur berjamaah. ivi Kemudian dalam hal ini faktor pendukung adalah Guru merangsang atau memotivasi siswa untuk mau melakukan kegiatan pembelajaran, Mengarahkan seluruh kegiaan yang agar dapt mencapai tujuan tertentu, Guru mendorong siswa untuk mau melakukan kagiatan untuk mencapai tujuan, adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru PAI, ada tata tertib sekolah sedangkan faktor penghambat adalah Guru kurang mampu mengarahkan dan membimbing para siswa sehingga tergerak motivasinya secara intrinsic, Guru kurang mampu mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan kegiatan secara aktif, Guru kurang mampu membimbing siswa untuk melakukan kebiasan-kebiasaan yang baik, kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya sholat berjamaah, prilaku siswa, personil guru yang mengontrol siswa kurang dan tindak lanjut pengawasan dari lingkungan keluarga masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para guru di lembaga pendidikan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m_014 ?? ?? m_175 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 02:22 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 02:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/431 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |