Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif di SMK NEGERI 2 PAMEKASAN

Fauzi, Moch. Bahtiyar (2020) Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif di SMK NEGERI 2 PAMEKASAN. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (49kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (101kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (10kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (120kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (10kB)
[img] Text
7 BAB I - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (531kB)
[img] Text
8 BAB II - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
9 BAB III - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
10 BAB IV - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (406kB)
[img] Text
11 BAB V - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (294kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 2016070101.pdf

Download (713kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - MOCH. BAHTIYAR FAUZI 20160701010107.pdf

Download (125kB)
[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (41kB)

Abstract

Dalam pendidikan di suatu lembaga atau sekolah, pasti terdapat yang namanya interaksi antara guru dan murid atau yang biasa disebut belajar. Belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap dan mengkokohkan kepribadian. Dalam proses pembelajaran tidak bisa dielakkan bahwa guru pasti akan mengalami beberapa kesulitan, salah satunya dalam lingkungan belajar. Lingkungan belajar sangat penting untuk konsentrasi dan kenyamanan siswa dalam belajar berdiskusi. Namun sangat disayangkan sekali, banyak beberapa guru yang kurang memperhatikan lingkungan belajar. Maka dari itu peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif bagi siswa, terlebih lagi guru pendidikan Agama Islam atau yang biasa sering disebut guru agama itu sangat penting, karena biasanya seorang guru agama memiliki cara tersendiri dalam menghadapi berbagai macam perbedaan siswa sehingga bisa menciptakan lingkungan belajar yang efektif agar siswa tidak bosan dan tidak jenuh. Berangkat dari fenomena tersebut, sebuah penelitian dilakukan dengan judul "Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif di SMK NEGERI 2 PAMEKASAN". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru agama Islam dalam menciptakan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam usaha mendapatkan sumber data penulis menggunakan wawancara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan deskripsi analisis. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat. Hasil penelitian didapatkan tentang Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif di SMK NEGERI 2 PAMEKASAN adalah : 1) Upaya Guru : Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak siswa berdoa kemudian memeriksa siswa, baik keadaan fisik dan jiwanya, memeriksa kehadiran siswa dan kerapian siswa, Sebagai Korektor, Sebagai Inspirator, Sebagai Informator, Sebagai Organisator, Sebagai Motivator, Sebagai Inisiator, Sebagai Fasilitator, Sebagai Pembimbing, Sebagai Demonstrator, Sebagai Pengelola Kelas, Sebagai Mediator, Sebagai Supervisor, Sebagai Evaluator. 2) Masalah dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif yakni, kurangnya fasilitas (kipas angin) di dalam kelas. Keterlambatan siswa, bahan belajar (buku paket) yang kurang, kecerdasan siswa yang berbeda, ada yang diatas rata-rata dan ada yang di bawah rata-rata serta siswa terkadang ada yang tidur pada saat-saat jam terakhir pelajaran. 3) Solusi dari masalah yang ditemui dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif yakni, membuat ventilasi udara dan guru yang tegas namun tidak keras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71G ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:25
Last Modified: 22 Jan 2021 02:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/436

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item