Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Anggota Gadai Emas Syariah di BMT UGT SidogiriCabang Pamekasan

Prasetyo, Sigit (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Anggota Gadai Emas Syariah di BMT UGT SidogiriCabang Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Sigit Prasetyo_20160703020177_Cover_PBS.pdf

Download (32kB)
[img] Text
c) Sigit Prasetyo_20160703020177_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (52kB)
[img] Text
d) Sigit Prasetyo_20160703020177_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf

Download (47kB)
[img] Text
e) Sigit Prasetyo_20160703020177_Abstrak_PBS.pdf

Download (10kB)
[img] Text
f) Sigit Prasetyo_20160703020177_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (21kB)
[img] Text
g) Sigit Prasetyo_20160703020177_BAB I_PBS.pdf

Download (229kB)
[img] Text
h) Sigit Prasetyo_20160703020177_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
i) Sigit Prasetyo_20160703020177_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
j) Sigit Prasetyo_20160703020177_BAB IV_PBS.pdf

Download (545kB)
[img] Text
k) Sigit Prasetyo_20160703020177_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
l) Sigit Prasetyo_20160703020177_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (147kB)
[img] Text
b) Sigit Prasetyo_20160703020177_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PBS.pdf

Download (67kB)

Abstract

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Nasabah Bisnis pada lembaga keuangan merupakan bisnis jasa yang berdasarkan pada azas kepercayaan sehingga masalah kualitas layanan dan citra merek menjadi faktor yang sangat menentukan kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan serta dimaksimalkan agar mampu bertahan dan tetap dijadikan pilihan oleh nasabah. Kualitas pelayanan yaitu seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima. Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah citra merek. Citra merek adalah persepsi yang muncul di benak pelanggan ketika mengingat suatu produk. Citramerek yang baik adalah senjata dari lembaga keuangan untuk tetap bisa bersaing dan bertahan didalam ketatnya persaingan. Kemampuan sebuah merek yang dapat ditawarkan untuk memuaskan keinginan konsumen. Dengan adanya persaingan hal ini mendorong setiap perusahaan bisnis non perbankan, dalam hal ini BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan guna memberikan layanan terbaiknya kepada anggotanyasupaya anggota merasakan kepuasan serta tidak beralih ke BMT lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan nasabah gadai emas syariah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Variabel penelitian ini meliputi Kualitas Pelayanan(X1) dan Citra Merek (X2) sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi dan Kepuasan Nasabah (Y)sebagai variabel yang dipengaruhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas data, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi Kualitas pelayanan dan Citra Merek mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Kepuasan nasabah gadai emas syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Hal ini sesuai dengan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung> Ftabel (18.861 > 3.09), artinya semua variabel independen secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah). (X1) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasbah.. Hal ini menujukkan bahwa semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan maka akan semakin tinggi pula kepuasan nasabah gadai emas syariah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasbah, tetapi pada citra merek itu sendiri pelanggan atau anggota hanya akan bisa terfokus pada pembelian bukan pada kepuasan artinya pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan ini anggota memang memfokuskan kepada aspek pelayanan yang diberikan dikarenakan disini anggota bukan ingin melakukan pembelian melainkan untuk gadai emas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:45
Last Modified: 07 Jul 2023 01:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4361

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item