Syafi'i, Syafi'i (2023) Pendidikan Karakter dalam QS. Al-Anʻām (6): 151-153 (Analisis Maqāṣid Al-Qur’ān ʻAbd al-Karĭm Ḥāmidĭ pada Tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib Karya Fakhr al-Dĭn al-Rāzĭ). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Syafi'i_18382051061_Cover_IQT.pdf Download (315kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_Lembar Pengesahan_IQT.pdf Download (355kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_IQT.pdf Download (203kB) |
|
Text
Syafi'i_1838201061_Abstrak_IQT.pdf Download (205kB) |
|
Text
Syafi'i_1838201061_Abstrak_IQT.pdf Download (205kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_Daftar Isi_IQT.pdf Download (367kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_BAB I_IQT.pdf Download (747kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_BAB II_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_BAB III_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_BAB IV_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
Text
Syafi'i_18382051061_DAFTAR PUSTAKA_IQT.pdf Download (408kB) |
|
Text
Syafi'i_18382052021_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_IQT.pdf Download (349kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Maqāṣid Al-Qur’ān Pendidikan karakter merupakan hal yang dewasa ini sudah mulai dilupakan. Hal itu tidak lepas dari kontrol zaman yang terus berkembang dan mulai meninggalkan tatanan-tatanan terdahulu. Dalam hal ini penafsiran Fakhr alDīn al-Rāzĭ adalah poin utama dalam mengkaji tentang ayat-ayat pendidikan karakter dengan menggunakan kacamata ʻAbd al-Karĭm Ḥamidĭ sebagai tokoh maqāṣid-nya. Penulis merumuskan tiga rumusan masalah: 1) Bagaimana ayat-ayat pendidikan karakter dalam QS. Al-Anʻām (6): 151-153, 2) bagaimana pandangan Fakhr al-Dĭn al-Rāzĭ terhadap ayat-ayat pendidikan karakter dalam QS. Al-Anʻām (6): 151-153 dalam Tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib, 3) bagaimana analisis maqāṣid alQur’ān ʻAbd al-Karĭm Ḥāmidĭ terhadap ayat-ayat pendidikan karakter pada QS. Al-Anʻām (6): 151-153 dalam tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib karya Fakhr al-Dĭn al-Rāzĭ. Untuk itu, metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode mauḍūʻĭ dengan pendekatan kualitatif dalam mengkaji penafsiran Fakhr al-Dĭn al-Rāzĭ. Kajian teori yang digunakan sebagai landasan analisis penelitian ini adalah maqāṣid al-Qur’ān ʻAbd al-Karĭm Ḥāmĭdĭ. Keberadaan maqāṣid alQur’ān bukan membantu umat Islam untuk menghadapi tantangan zaman tanpa menggunakan Al-Qur’an. Sebaliknya, Al-Qur’an justru akan menjadi pedoman dan semangat tertinggi dalam memecahkan semua permasalahan-permasalahan kontemporer. Melalui penelitian tersebut didapatkan kesimpulan bahwasanya 1) Ayatayat pendidikan karakter dalam surah Al-Anʻām ayat 151-153 yaitu ayat-ayat yang memuat tentang perintah dan juga larangan Allah yang harus diajarkan oleh Nabi kepada umatnya, orang tua kepada anaknya, dan seorang pendidik kepada anak didiknya. 2) Dalam pandangan Al-Rāzĭ ayat-ayat pendidikan karakter dalam surah Al-Anʻām ayat 151-153 memuat sembilan wasiat, diantaranya yaitu: tidak menyekutukan Allah, berbuat baik kepada kedua orang tua, tidak membunuh anak karena takut miskin, menjauhi perbuatan keji, tidak membunuh jiwa yang diharamkan, tidak mendekati harta anak yatim, menyempurnakan takaran dan timbangan, adil dalam berkata atau memutuskan, serta menepati janji kepada Allah swt. 3) ʻAbd al-Karĭm Ḥāmidĭ merumuskan bahwa ada tiga tujuan umum dalam Al-Qur’an, pertama kebaikan individu, kedua kebaikan sosial, ketiga kebaikan universal. Masing-masing dari sembilan wasiat tersebut memiliki maslaḥah (kebaikan) masing-masing. Tidak menyekutukan Allah, menjauhi perbuatan keji, tidak membunuh jiwa yang diharamkan, dan menepati janji kepada Allah adalah bentuk kebaikan individu. Adapun berbuat baik kepada kedua orang tua, tidak membunuh anak karena takut miskin, dan tidak mendekati harta anak yatim adalah bentuk kebaikan sosial. Sedangkan menyempurnakan takaran dan timbangan, serta adil dalam berkata dan berbuat adalah bentuk kebaikan universal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 06:25 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4386 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |