, Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas VI Di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam

Adi, Febriyanto (2020) , Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas VI Di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (171kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (102kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (141kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (149kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (267kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (162kB)
[img] Text
7 BAB 1 - ADI FEBRIYANTO 2016070101010011.pdf

Download (677kB)
[img] Text
8 BAB II - ADI FEBRIYANTO 2016070101010011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
9 BAB III - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
10 BAB IV - ADI FEBRIYANTO 2016070101010011.pdf

Download (487kB)
[img] Text
11 BAB V - ADI FEBRIYANTO 2016070101010011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - ADI FEBRIYANTO 2016070101010011.pdf

Download (368kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (133kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (851kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - ADI FEBRIYANTO 20160701010011.pdf

Download (257kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Motivasi Belajar Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama peneliti ini, yaitu (1) Implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan (2) Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan (3) Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan dari tiga fokus tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala, guru dan sebagian siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawncara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan deskripsi analisis. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan, diterapkan pada saat tertentu, karena guru harus tahu tingkat kemampuan siswa dalam belajar. Langkah-langkahnya diawali dengan pembukaan, penjelasan materi, siswa mempresentasikan hasil materi, memberikan tugas terhadap siswa, penilaian, evaluasi, dan penutup. Sehingga siswa termotivasi dalam belajar dan dapat membawa diri siswa pada tingkatan yang lebih prestatif. (2) Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan, guru merupakan orang pertama yang mempunyai peran aktif dalam proses belajar mengajar, maka harus menguasai kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian dalam bentuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan siswa harus memperhtikan dan aktif dalam proses belajar mengajar. (3) Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI Bustanul Ulum Klampar Proppo Pemekasan, berhubungan dengan tiga hal, yakni : kendala waktu, psikologi siswa, ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:58
Last Modified: 26 Jan 2021 06:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/441

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item