Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Endorsement Sebagai Alat Pemasaran melalui Instagram (Studi Kasus Endorsement di Jl. Jembatan Baru Pamekasan)

Irhamy, Hasbyyana Uyun (2022) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Endorsement Sebagai Alat Pemasaran melalui Instagram (Studi Kasus Endorsement di Jl. Jembatan Baru Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_Cover_HES.pdf

Download (79kB)
[img] Text
c) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_HES.pdf

Download (48kB)
[img] Text
d) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_Lembar_Pengesahan_HES.pdf

Download (108kB)
[img] Text
f) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_Daftar Isi_HES.pdf

Download (14kB)
[img] Text
g) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_BAB I_HES.pdf

Download (123kB)
[img] Text
h) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_BAB II_HES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
i) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_BAB III_HES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
j) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_BAB IV_HES.pdf

Download (745kB)
[img] Text
k) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_BAB V_HES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
l) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_Daftar Pustaka_HES.pdf

Download (132kB)
[img] Text
b) Hasbyyana Uyun Irhamy_18382042053_Surat_Pernyataan_Keaslian Karya_Dan Persetujuan Publikasi_HES.pdf

Download (108kB)

Abstract

Kata Kunci: Endorsement, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah Endorsement merupakan aktifitas yang belakangan marak dilakukan banyak orang, terkhusus selebgram. Endorsement merupakan kegiatan memasarkan barang atau jasa terutama pada media sosial instagram. Istilah lain dari aktifitas ini adalah mempromosikan barang atau jasa menggunakan media sosial. Dalam praktik endorsement terkadang ada yang melakukan penipuan atau memberikan persepsi yang keliru atau tidak sesuai dengan kualitas produk yang diiklankan kepada konsumen dan dalam mempromosikan produk yang diendors terkadang para endorser tidak memakai produk yang diendorskan dan memberikan promosi yang belum terbukti kebenarannya. Berdasarkan konteks tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1)Bagaimana praktik endorsement sebagai alat pemasaran melalui Instagram (Studi Kasus Endorsement di Jl. Jembatan Baru Pamekasan)? 2) Bagaimana tinjaun Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik endorsement sebagai alat pemasaran melalui Instagram (Studi Kasus Endorsement di Jl. Jembatan Baru Pamekasan)?. Jenis penelitian merupakan penelitian hukum empiris dengan menggunakan metode pendekatan sosio-legal yaitu menganalisis tentang bagaimana reaksi dan interaksi yang terjadi ketika sistem norma itu bekerja di dalam masyarakat (mengkaji hukum dalam konteks sosial), sumber data primer diperoleh dengan wawancara semi terstruktur, observasi yang digunakan adalah observasi terkendali dan metode dokumentasi. Sementara data sekunder berupa dokumen-dokumen, buku, skripsi, jurnal dan lain sebagainya. Dalam menganalisis data menggunakan tahap 1.Reduksi data, 2.pengkajian data 3. kesimpulan. Hasil penelitian ini,, Pertama, Mulanya pihak pelaku umkm mengenalkan terlebih dulu produk yang mau dipromosikan memintai kejelasan tentang kerja samanya dan menanyakan berapa feenya. Apabila sudah setuju maka kerja samapun dimulai. Untuk menarik kepercayaan konsumen tidak semua celebrity endorser mereviewnya dengan jujur dan cenderung melebih lebihkan. Kedua, Praktik endorsement diperbolehkan apabila sesuai dengan kaidah-kaidah islamiyah seorang endorser. Seperti tidak membanding-bandingkan produk dengan jualan sebelah serta tidak memberikan pujian yang dibuat-buat. Praktik endorsement yang dipraktikkan di Kelurahan Gladak Anyar hukumnya tidak sah karena tidak sesuai dengan ketentuan Hukum Ekonomi Syariah seperti kurangnya kejujuran dan rasa tanggung jawab dalam mempromosikan suatu produk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 05:02
Last Modified: 11 Dec 2023 05:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4446

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item