Vindora, Rima Ayu Sefta (2020) Optimalisasi Spiritual Quotient dalam Meningkatkan Moralitas Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL - RIMA AYU SEFTA VINDORA - 20160701010155.pdf Download (263kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - 20160701010155.pdf Download (156kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - RIMA AYU SEFTA VINDORA 20160701010155.pdf Download (192kB) |
|
Text
4 ABSTRAK - RIMA AYU SEFTA VINDORA 20160701010155.pdf Download (175kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Download (159kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Download (93kB) |
|
Text
7 BAB I - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Download (292kB) |
|
Text
8 BAB II - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
Text
9 BAB III - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
10 BAB IV - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Download (416kB) |
|
Text
11 BAB V - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN - RIMA AYU S - 20160701010155.pdf Download (272kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - RIMA AYU SEFTA VINDORA 20160701010155.pdf Download (201kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN - RIMA AYU SEFTA VINDORA - 20160701010155.pdf Download (1MB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP - RIMA AYU SEFTA VINDORA - 20160701010155.pdf Download (24kB) |
Abstract
Pentingnya melakukan optimalisasi Spiritual Quotient dalam meningkatkan Moralitas peserta didik dikarenakan kecerdasan ini merupakan kecerdasan tertinggi yang dapat membimbing manusia menemukan makna hidup dengan bermuara pada Tuhan YME. Spiritual Quotient pada anak perlu dikembangkan sejak usia dini. Hal tersebut disebabkan oleh munculnya berbagai permasalahan pada saat anak telah menginjak remaja atau aqil baligh ketika Spiritual Quotient tidak dikembangkan dengan tepat. Terutama dalam permasalahan dekadensi moral. Oleh karena itu, Spiritual Quoient tetap harus ditingkatkan didalam diri untuk mencapai Moralitas yang berkembang dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Optimalisasi Spiritual Quotient dalam Meningkatkan Moralitas Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan?. Kedua, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Optimalisasi Spiritual Quotient dalam Meningkatkan Moralitas Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diproleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data manusia yang ada pada penelitian ini adalah pihak sekolah (baik itu kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta peserta didik). Kemudian, sumber data dari non manusia dalam penelitian ini adalah kartu menghafal ayat-ayat al-Qur’an, catatan hafalan kecakapan ibadah sholat, absensi sholat dhuha. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan Data Reduction (reduksi data), Display Data (penyajian data) dan Verifikasi (kesimpulan). Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Optimalisasi Spiritual Quotient yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan Moralitas peserta didik di SMP Negeri 1 Pamekasan yaitu dengan cara: pertama, kegiatan Intrakurikuler yang meliputi pembelajaran didalam kelas. Kedua, kegiatan Kokurikuler yang berkaitan dengan program-program sekolah sebagai penunjuang kegiatan intrakurikuler. Seperti halnya Program 3S (senyum, sapa dan salam), Sholat dhuha, Sholat dhuhur berjamaah, Tahfidz, Program pengajian kelas, Jum’at bersih dan Jum’at beramal, Sholat jum’at, Kecakapan ibadah sholat. Ketiga, kegiatan keagamaan yang dilakukan disekolah dalam meningkatkan Spiritual Quotient peserta didik kelas VIII yaitu ada kegiatan Ekstrakurikuler yang berupa Qiro’ah. vi Sedangkan Faktor pendukung dan penghambat Optimalisasi Spiritual Quotient dalam Meningkatkan Moralitas Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan ialah: Pertama, faktor pendukung yaitu: a). Kebijakan kepala sekolah. b) Kesadaran orang tua akan pentingnya optimalisasi Spiritual Quotient terhadap peserta didik. b) Guru. c) Sarana dan prasarana. Kedua, faktor penghambat yaitu: a) Lingkungan. b) Kesadaran peserta didik, c) Perbedaan kemampuan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? ?? m_175 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 06:53 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 06:53 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/446 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |