“Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Anak Penyandang Tunagrahita di SLB PGRI Pamekasan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura

Karina, Handayani (2020) “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Anak Penyandang Tunagrahita di SLB PGRI Pamekasan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. SAMPUL- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (151kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (125kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (237kB)
[img] Text
4. ABSTRAK- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (151kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7. BAB I- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (195kB)
[img] Text
8. BAB II- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
9. BAB III- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
10. BAB IV- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (462kB)
[img] Text
11. BAB V- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
12. DAFTAR RUJUKAN- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (176kB)
[img] Text
13. PERNYATAAN KEASLIAN- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (245kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP- KARINA HANDAYANI 20160701010073.pdf

Download (32kB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran, PAI, dan Tunagrahita Pendidikan agama menjadi sangat penting karena membantu peserta didik dalam meningkatkan intelektual maupun psikologisnya, mengembangkan bakat dan potensi, membentuk manusia yang beriman dan bertakwa, dan untuk mencapai tujuan hidupnya. Untuk itu semua orang berhak mendapatkan layanan pendidikan tak terkecuali anak difabel khususnya anak tunagrahita. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang: 1) Bagaimana pembelajaran PAI yang diterapkan pada anak penyandang Tunagrahita di SLB PGRI Pamekasan? 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak penyandang Tunagrahita di SLB PGRI Pamekasan? Hal ini sangat penting karena melihat kondisi intelektual anak tunagrahita yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata. Dan penyampaian pelajaran kepada anak tunagrahita pun berbeda dengan anak normal. Penyampaian pelajaran ini harus disesuaikan dengan kemampuan anak tunagrahita agar anak tersebut dapat mudah menerima dan mengerti apa yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data manusia yang ada pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan data non manusia adalah dokumen-dokumen sekolah seperti agenda harian, data guru, dan struktur organisasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SLB PGRI Pamekasan dilaksanakan di dalam kelas. Dalam penyampaian materi guru harus menyesuaikan dan menyederhanakan materi sesuai dengan kebutuhan peserta didik, begitu pula dengan media, metode, dan evaluasi pembelajaran benarbenar dipilih dan disesuaikan dengan keadaan peserta didik. Selain itu juga terdapat faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Anak Penyandang Tunagrahita di SLB PGRI Pamekasan ialah: pertama, faktor pendukung yaitu siswa yang memiliki semangat dalam belajar dan mau mendengarkan pelajaran meskipun mudah lupa. Serta guru yang selalu mengarahkan siswanya dengan sabar dan telaten, mereka juga memiliki kesiapan mental untuk mengajar anak-anak tunagrahita. Kedua, faktor penghambat yaitu berasal dari keadaan siswa yang mana mereka memiliki kemampuan intelektual dibawah rata-rata. Serta kurikulum yang meskipun sudah disesuaikan khusus PLB namun materinya masih tetap terlalu tinggi untuk anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:45
Last Modified: 17 Jul 2024 03:29
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/452

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item