Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif Di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan

Rahman, Azizir (2022) Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif Di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
COVER 20170701041033.pdf

Download (36kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN_20170701041033.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_20170701041033.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ABSTRAK 20170701041033.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 20170701041033.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I 20170701041033.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II 20170701041033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III 20170701041033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV 20170701041033.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB V 20170701041033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN 20170701041033.pdf

Download (122kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_20170701041033.pdf

Download (171kB)

Abstract

ata Kunci: Strategi Guru, Pengelolaan Kelas dan Pembelajaran SMK An-Nasyiin Grujugan Pamekasan sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan yang berstatus swastamenjadi inovasi serta perkembangan peningkatan dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan. Salah satu inovasi yang dilakukannya adalah pengelolaan kelas yang baik. Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mencapai tujuan hidupnya secara optimal. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, pertama perencanaan strategi guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan lingkungan pembelajaran yang efektif di SMK AN-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan; kedua, pelaksanaan strategi guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan lingkungan pembelajaran yang efektif di SMK AN-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan; dan ketiga, kendala guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan lingkungan pembelajaran yang efektif di SMK AN-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah SMK AN-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan, WAKA kesiswaaan, WAKA kurikulum, beberapa guru mata pelajaran dan siswa. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, a) Pengelolaan siswa selalu dilakukan oleh guru-guru di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan mana yang aktif dan mana yang pasif agar disamaratakan. b) Guru selalu menyiapkan berbagai metode/cara dalam mengelola kelas dan pembelajaran; c) Memberikan motivasi pada setiap siswa sebelum memulai pembelajaran. Kedua, Penataan ruang kelas di SMK An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan cukup baik.Ketiga,Kendala guru:1) Kurangnya fasilitas sarana dan prasarana di sekolah;3) Kurangnya inovasi dan kreasi beberapa guru dalam mengelola kelas sehingga terdapat keterbatasan dalam melaksanakan pembelajaran. Selanjutnya saran dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk senantiasa dapat meningkatkan pengelolaan kelas lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:00
Last Modified: 30 Aug 2023 01:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4531

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item