Natasari, Ervina (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Program GMS (Good Morning Student) Di MI Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381042001_SAMPUL.pdf Download (138kB) |
|
Text
19381042001_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
19381042001_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (44kB) |
|
Text
19381042001_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
19381042001_DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) |
|
Text
19381042001_BAB I.pdf Download (147kB) |
|
Text
19381042001_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
19381042001_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
19381042001_BAB IV.pdf Download (696kB) |
|
Text
19381042001_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
19381042001_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
19381042001_SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf Download (44kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Karakter Religius Pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan kepada siswa, terutama karakter religius sebagai dasar ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga dalam hal ini tidak lepas dari peran kepala madrasah sebagai pemimpin disuatu Lembaga Pendidikan yang mengharuskannya melakukan langkah strategis dalam membentuk Pendidikan karakter di madrasah melalui implementasi program-program pembentukan karakter pada siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana penerapan Program GMS (Good Morning Student) sebagai strategi kepala madrasah dalam membentuk karakter Religius siswa di MI Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. 2) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan Program GMS (Good Morning Student) sebagai strategi kepala madrasah dalam membentuk karakter Religius siswa di MI Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. 3) bagaimana gambaran keberhasilan penerapan program GMS (Good Morning Student) dalam membentuk karakter Religius siswa di MI Al�Ghazali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala MI Al-Ghazali, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan program GMS berlangsung dipagi hari, dimana siswa akan dibiasakan dengan kegiatan-kegiatan positif. Seperti: penyambutan siswa yang berlangsung ketika siswa hendak memasuki halaman madrasah, sholat duha berjamaah, biasanya kegiatan ini berlangsung sebelum proses pembelajaran dimulai pada setiap hari sabtu dan minggu, kemudian membaca Juz Amma sebelum proses pembelajaran dimulai. 2) dalam penerapan GMS tentu tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambatnya, dimana faktor pendukungnya yaitu mencakup: Adanya sarana dan prasarana yang memadai juga semangat guru dalam memberikan pendampingan kepada siswa dalam pelaksanaan GMS. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu mencakup: Terdapat sebagian siswa yang belum atau sulit dalam menghafal password sebagai kata kunci untuk bisa masuk gerbang madrasah, juga kurang maksimalnya pendampingan guru untuk menjaga gerbang, dan pendampingan saat membaca juz amma. 3) gambaran keberhasilan dari penerapan GMS yaitu mencakup: perilaku siswa lebih terkendali, disiplin, sopan, tertib dan patuh terhadap aturan juga terhadap kegiatan yang berlaku. siswa hafal terhadap bermacam bacaan password meskipun belum diajari dikelas bagi kelas rendah, dan sebagian siswa sudah hafal bacaan juz Amma
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:22 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4554 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |