Agustina, Fariza Hening (2022) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381042103_SAMPUL.pdf Download (193kB) |
|
Text
19381042103_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (28kB) |
|
Text
19381042103_HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (140kB) |
|
Text
19381042103_ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
19381042103_DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
19381042103_BAB I (1).pdf Download (564kB) |
|
Text
19381042103_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
19381042103_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text
19381042103_ BAB IV.pdf Download (912kB) |
|
Text
19381042103_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
19381042103_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (284kB) |
|
Text
19381042103_ PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf Download (271kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Outdor. Kesulitan belajar adalah gangguan dalam sesuatu atau lebih proses psikologis yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ujaran dan tulisan. gangguan ini dapat berupa kesulitan berpikir, berbicara, membaca, menulis mengeja dan berhitung. Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian, pertama Faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Kelas 2 sehingga Guru Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang, Kedua Bagaimana Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang, Ketiga Bagaimana hasil dari Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sementara jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa, Dalam mendapatkan data peneliti menggunakan beberapa prosedur yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data dengan reduksi data, data Display (Penyajian data), Conclusion drawing/ verification. Untuk mendapatkan keabsahan data mengunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Kelas 2 sehingga Guru menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang yaitu : a) Faktor Input siswa, yaitu faktor yang ada dalam diri anak itu sendiri karena setiap anak memiliki kondisi yang berbeda-beda, b) Faktor Keluarga, Orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anak dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya, c) Faktor lingkungan belajar, yaitu Saat proses belajar siswa membutuhkan lingkungan yang nyaman, tenang, jauh dari kebisingan dan tentunya harus mendukung untuk belajar, (2) Upaya yang dilakukan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang yaitu : a) Mengajak siswa belajar diluar kelas, b) Mengajak siswa belajar sambil bermain, (3) Hasil dari Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang yaitu sudah berhasil karena siswa-siswi kelas 2 sekarang sudah mudah dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, dan sudah semakin rajin dalam mengikuti proses pembelajaran, Adapun beberapa Pengelolaan Pembelajaran Outdoor yang harus dilakukan oleh guru yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:21 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4557 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |