Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMPN 5 Pamekasan

Suryaningsih, Oktavia Putri (2022) Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ Cover_MPI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ Lembar Persetujuan Pembimbing_ MPI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Oktavia putri suryaningsih_ 19381042038_ Abstrak_ MPI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ Daftar Isi_ MPI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ BAB I_ MPI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ BABII_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ BAB III_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ BAB IV_ MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ BAB V_ MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ Daftar Pustaka_ MPI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Oktavia Putri Suryaningsih_ 19381042038_ Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_ MPI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Humas, Meningkatkan Peserta Didik Strategi humas dalam meningkat jumlah peserta didik berperan sangat penting dalam setiap sekolah, karena merupakan cara sekolah yang dilakukan untuk memperoleh banyak peserta didik pada saat penerimaan peserta didik (PPDB), dengan adanya strategi humas yang disusun dengan berbagai program kerja dan kegiatan akan menghasilkan keuntungan bagi sekolah dalam mencapai target perekrutan peserta didik baru. Setiap sekolah manapun pasti menerapkan strategi-strategi khusus dalam memperoleh peserta didik tergantung bagaimana dan cara apa yang kita gunakan. Dalam membentuk strategi tentunya sangat diperlukan sebuah perencanaan yang matang dari semua pihak yang ikut serta dalam pelaksanaan strategi tersebut. Dalam sebuah perencanaan disana telah dirancang berbagai bentuk strategi beserta sasarannya. Setelah terbentuknya rencana maka selanjutnya yaitu bentuk kerja aksi, tentunya dalam setiap strategi pasti terdapa faktor yang mendukung baik itu faktor dari dalam sekolah maupun luar sekolah. Berdasarkan dengan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi topik atau pembahasan dalam penelitian ini yaitu: pertama, perencanaan strategi humas dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMPN 5 Pamekasan, kedua, pelaksanaan strategi humas dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMPN 5 Pamekasan , dan ketiga, faktor pendukung strategi humas dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMPN 5 Pamekasan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber informasinya dari kepala sekolah, waka humas, waka kesiswaan dan peserta didik di SMPN 5 Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan strategi humas dalam meningkatkan jumlah peserta didik yaitu melalui rapat yang bermusyawarahkan mengenai strategi yang akan dilakukan mulai kapan, apa siapa dan dimana pelaksanaan strategi yang diikuti oleh kepala sekolah, waka humas dan pihak manajemen sekolah laiinya. Lalu dengan penentuan program-program kerja yabg menjadi strategi sekolah. kedua, pelaksanaan strategi humas dalam meningkatkan jumlah peserta didik dilakukan dengan tiga strategi yaitu mengadakan lomba tingkat SD, mensosialisasikan sekolah SMPN 5 Pamekasan ke berbagai sekolah terutama yang masuk kedalam zona maupun luar zona. Lalu yang terakhir dengan pemasangan pamflet, brosur dan melaui media sosial seperti instagram, fb, Whatsapp, youtube dan website sekolah. ketiga, faktor pendukung strategi humas dalam meningkatkan jumlah peserta didik yaitu adanya rasa memiliki antar guru terhadap sekolah serta semangat dan kerjasama yang tinggi, adanya dukungan dari para alumni, teman-teman dan pihak luar lainnya dan tersedianya sarana dan fasilitas sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:19
Last Modified: 12 Dec 2023 08:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4565

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item