Azizah, Kurrotul Ayun (2022) Implementasi E-learning Menggunakan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran di Masa Covid 19 di MA Miftahul Ulum Sumber Jati Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_COVER_MPI.pdf Download (76kB) |
|
Text
c. .KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_MPI.pdf Download (142kB) |
|
Text
d.KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING_MPI.pdf Download (201kB) |
|
Text
e.. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_ABSTRAK_MPI.pdf Download (53kB) |
|
Text
f. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (58kB) |
|
Text
g. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_BAB I_MPI.pdf Download (263kB) |
|
Text
h. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
Text
i. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
j. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_BAB IV_MPI.pdf Download (299kB) |
|
Text
k. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
l. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf Download (155kB) |
|
Text
b. KURROTUL AYUN AZIZAH_20170701042098_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN _MPI.pdf Download (136kB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi E-Learning, Google Clasroom dan Pandemi Covid 19 Penelitian ini dilatar belakangi oleh masa pandemi covid 19 dimana siswa di MA Miftahul Ulum Sumber Jati dalam proses belajar harus menggunakan google classroom yang bertujuan agar pandemi tidak menyebarluas dan siswa belajar di rumah ataupun yang disebut daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan implementasi E-Learning dengan menggunakan Google Classroom dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid 19 di MA Miftahul Ulum Sumber Jati Kadur Pamekasan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Hubberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa implementasi penggunaan Google Classrooom pada pembelajaran daring masa pendemi Covid-19 ini adalah: (1) Perencanaan dalam implementasi penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring yaitu menyiapkan suatu Rencana Perencanaan Pembelajaran dan juga menyiapkan sutu media pembelajaran. Pelaksanaan Pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom yaitu penyampaian materi, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan strategi pembelajaran. (2) faktor pendukung dari implementasi google classroom dalam proses pembelajaran yakni ramah lingkungan dan mudah digunakan oleh guru dan siswa sedangkan faktor penghambatnya ketika jaringan tidak stabil akan menggangu jalannya proses pembelajaran ketika menggunakan aplikasi google classroom. (3) Manfaat implementasi google classroom dalam proses pembeajaran di masa covid-19 yakni mudah diakses, praktis untuk digunakan, dan menciptakan lingkungan belajar yang efisien. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam perncanaan guru menyiapkan suatu rancangan perencaan pembelajaran (RPP), silabus, LKPD dan menyiapkan suatu media pembelajaran yang digunakan untuk proses pembelajaran. Pelaksanaan pada pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom pada pembelajaran daring strategi yang digunakan guru untuk menyampaikan materi ajar dan juga dalam pembelajaran guru menyiapkan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:19 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:19 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4567 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |