Sofa, Sofa (2022) Strategi Kepala Sekolah dalam Menyediakan Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sofa_ 20160701040213_COVER_MPI.pdf Download (138kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_MPI.pdf Download (174kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_LEMBAR_PENGESAHAN_MPI.pdf Download (196kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_Abstrak_MPI.pdf Download (146kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_DAFTAR_ISI_MPI.pdf Download (99kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_BAB I_MPI.pdf Download (269kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_BAB IV_MPI.pdf Download (266kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_DAFTAR_PUSTAKA_MPI.pdf Download (210kB) |
|
Text
Sofa_ 20160701040213_PERNYATAN_KEASLIAN_KARYA_MPI.pdf Download (186kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi; APE; Pembelajaran. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam pemberian rangsangan tersebut, biasanya pembelajaran mereka tidak lepas dari bermain dikarenakan memang dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu, untuk memenuhi tuntutan tersebut pihak sekolah pun perlu menyediakan alat permainan edukatif yang dibutuhkan, yang nantinya akan berkontribusi dalam kegiatan pembelajaran pada anak di pendidikan prasekolah tersebut, yang fungsinya selain untuk sarana bermain pada peserta didik juga untuk menarik minat belajar mereka. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala sekolah dalam menyediakan alat permainan edukatif sebagai sarana pendukung pembelajaran di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan; kedua, apa manfaat penyediaan alat permainan edukatif oleh kepala sekolah dalam pembelajaran di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif. Adapun sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 alur kegiatan yaitu: reduksi data/kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam menyediakan alat permainan edukatif di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan sudah sesuai dengan ketentuan dalam perencanaan manajemen sarana dan prasarana di sekolah, yaitu dimulai dari penampungan usulan, pengecekan kelayakan APE yang sudah ada, pengajuan pengadaan APE ke lembaga, peninjauan, lalu pembelian barang yang mana pembiayaannya dari BOP ataupun sumbangan dari para orang tua siswa. Adapun manfaat penyediaan alat permainan edukatif (APE) oleh kepala sekolah dalam pembelajaran di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan yaitu membuat anak-anak senang menjalani kegiatan pembelajaran, mengembangkan beberapa aspek anak-anak seperti aspek kognitif dan pengetahuan pada anak-anak, agama dan moral, fisik motorik, bahasa, seni, serta sosial dan emosionalnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:15 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:15 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4576 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |